Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Gubernur Kalsel Sahbirin Noor bersama Kapolda Kalsel Irjen Pol Rachmat Mulyana dan Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Yudianto Putrajaya melakukan lari memimpin kirap obor Asian Games pada etape terakhir dari Siring Nol Kilometer menuju finis di Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Rombongan lari pun terlihat cukup panjang dengan diikuti juga sejumlah pejabat lainnya seperti Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Riadi Widyoko, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Wijayanto hingga Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Nasri dan jajaran SKPD Pemprov Kalsel dan juga Kota Banjarmasin.

"Alhamdulilah seluruh rangkaian Torch Relay obor Asian Games 2018 berjalan lancar dan seluruh masyarakat Kalimantan Selatan mendukung penuh kesuksesannya," ucap Sahbirin Noor kepada wartawan, Senin.
Gubernur yang akrab disapa Paman Birin itupun berterima kasih atas semua pihak yang telah membantu kelancaran pelaksanaan pawai obor Asian Games.

"Terutama aparat keamanan dari Polri dan dibantu TNI semuanya bersatu bersinergi dengan unsur lainnya untuk satu tujuan agar obor Asian Games yang mampir di Kalsel sukses dan meriah," tuturnya.

Sementara Kapolda Rachmat Mulyana mengungkapkan jika pihaknya mengerahkan sebanyak 482 personel untuk mengamankan Torch Relay obor Asian Games 2018 yang diarak dari Bandara Syamsudin Noor di Banjarbaru hingga keliling Kota Banjarmasin.

"482 personel gabungan seluruh fungsi Polri baik di tingkat Polda maupun Polres Banjarbaru, Polres Banjar, Polresta Banjarmasin hingga Satuan Brimob bersiaga di rute arak-arakan obor," jelas jenderal polisi bintang dua itu.
Menariknya, sebelumnya finis di Gedung Mahligai Pancasila Jalan Suprapto pada etape ke-20, api obor Asian Games juga sempat menyeberangi Sungai Martapura dari Siring Menara Pandang Jalan Piere Tendean Banjarmasin menuju Siring Nol Kilometer di Jalan Jenderal Sudirman.

Ketika menyusuri sungai yang dibawa Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Kalsel Zakly Asswan, rombongan kapal dikawal Direktorat Polisi Perairan dan Udara Polda Kalsel dan juga Lanal Banjarmasin.
Acara penyambutan dan kirap api obor Asian Games 2018 yang bakal berlangsung di Palembang, Sumatera Selatan dan juga DKI Jakarta memang begitu semarak dan meriah. 

Meski tak digelar di Kalimantan Selatan, namun tak mengurangi semangat dan antusias masyarakat Banua untuk turut mendukung penuh kesuksesan event olahraga terbesar di Benua Asia itu yang kali ini berlangsung di Negara Republik Indonesia selaku tuan rumah.

Usai bermalam satu hari di Mahligai Pancasila Banjarmasin, obor Asian Games pada Selasa (31/7) pagi langsung dibawa lagi menyeberang ke Pulau Sumatera yang dimulai di Aceh.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018