Barabai, (Antaranews Kalsel) - Public Safety Center (PSC) 119 Murakata yang merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan telah dibentuk dan siap melayani warga Hulu Sungai Tengah (HST) 24 jam.

Sekretaris Dinas Kesehatan HST H Sakdillah, Kamis (26/7) di Barabai menyampaikan dengan satu unit mobil bantuan dari Dinkes RI, saat ini PSC sudah mulai diuji cobakan dan akan lauching beroperasi pada awal Agustus mendatang.

"Se-Kalsel cuma kita di HST yang baru mendapatkan bantuan mobil PSC dari Kementerian dengan fasilitas yang sudah lengkap dalam penanganan cepat tanggap darurat," katanya.

Petugas yang disiapkan sebanyak delapan orang yang terdiri dari dokter, bidan dan para perawat serta supir.

Selama 24 jam, mereka akan bertugas tiga shift bergantian dan pada tahun 2019 mendatang sudah dianggarkan untuk menambah petugas sebanyak 24 orang yang terdiri dari dokter, supir, operator masing-masing sebanyak dua orang, perawat 15 orang dan sisanya adalah bidan.

"Jadi bila ada warga HST yang memerlukan bantuan gawat darurat bisa menghubungi call center 0911-5190-119," katanya.

PSC 119 saat ini baru menggunakan nomor lokal, tapi ke depan akan jadi nomor layanan yang terintegrasi dengan kementerian serta layanan kepolisian dan kebakaran. Namun untuk saat ini baru layanan kesehatan dan rumah sakit.

Layanan tersebut juga akan bekerja sama dengan SKPD terkait untuk membantu penangan kesehatan terhadap masyarakat yang tidak hanya berhubungan dengan kecelakaan tetapi juga dalam situasi kritis.

PSC merupakan amanah dari instruksi Presiden No 4 Tahun 2013, dimana seluruh kabupaten atau kota di Indonesia harus membentuk PSC.

Untuk itu, secara bertahap layanan ini akan terus dikembangkan sampai semua daerah otonom memiliki PSC sebagaimana fungsi PSC sebagai pusat koordinasi layanan kegawatdaruratan di suatu daerah.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018