Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Dahnial Kifli bersama Kelompok Tani (Poktan) Budi Bakti dan aparat Desa Gambah Dalam Barat, Kecamatan Kandangan, Kabupaten HSS  melakukan panen padi seluas lebih kurang 350 hektar  masa tanam 2018 bersama dirangkai dialog interaktif  mendukung program swasembada pangan nasional.

Dahnial, di Gambah Dalam Barat, Rabu (25/7), mengajak agar semua masyarakat petani di Kabupaten HSS untuk selalu melakukan inovasi dan transformasi positif dalam berbagai permasalahan pertanian seperti lahan, bibit, pupuk dan sumberdaya para petani, untuk  kemajuan pertanian daerah yang selaras dengan semangat dari visi pertanian nasional.

"Tujuan kegiatan ini untuk melihat dan merasakan secara langsung keadaan para petani dalam rangka mendukung program pemerintah di bidang swasembada pangan dan mendukung kegiatan yang digaungkan oleh Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor yakni revolusi hijau," katanya.
 

Panen padi dan Dialog Interaktif bidang pertanian (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Dinas Kominfo HSS programkan dialog interaktif bidang pertanian

Dijelaskan dia, dalam rangka mempertahankan swasembada pangan di HSS, ia mengharapkan semua masyarakat khususnya di Kecamatan Kandangan mulai masyarakat, RT, kepala desa jangan membiarkan lahan-lahan tidur, jadilah petani yang baik dan diskusikan dengan para penyuluh hal-hal yang menghambat pertanian.

Pemkab HSS melalui Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan lain-lain telah banyak mengucurkan program mulai bibit dan lainnya, jadi tinggal masyarakat yang menerima bantuan untuk lebih giat, lebih inovatif dan lebih kreatif untuk melaksanakan kegiatan pertanian.

Pada tahun 2017 lalu, Kabupaten HSS urutan ke empat memberikan kontribusi produksi padi di Kalsel dengan produksi 253.653 ton gabah kering, peningkatan produksi tersebut dikarenakan menggunakan benih unggul bermutu, penggunaan pupuk, alat mesin pertanian, pengolahan lahan, pengendalian hama dan penyakit tanaman serta pendampingan penyuluh pertanian.

"Saya harapkan para penyuluh pertanian harus berada di wilayah kerjanya, dan saya ucapkan terimakasih kepada para pendamping penyuluh pertanian yang aktif, setiap saat melihat, mengontrol, berdiskusi dalam rangka peningkatan produksi sehingga pendapatan masyarakat meningkat," katanya, saat menyampaikan sambutan pengantar dalam kegiatan panen padi dirangkai dialog interaktif yang disiarkan secara langsung.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika HSS Hendro Martono, mengatakan antusias berbagai lapisan warga masyarakat yang ikut berbagi pendapat dalam dialog interaktif, baik langsung maupun lewat telepon ke studio lapangan radio lokal Gema Amandit FM Kandangan dan juga disiarkan langsung Kandangan TV.

Panen padi dan Dialog Interaktif bidang pertanian (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Dahnial Kifli canangkan optimalisasi lahan lebak

"Seluruh rangkaian kegiatan ini di publikasikan langsung secara live melalui siaran radio Gema Amandit FM  dan Kandangan TV melalui jaringan TV Kabel se-Kabupaten HSS dengan harapan kegiatan ini makin mendukung program pembangunan di bidang pertanian," katanya.

Dijelaskan dia, panen padi yang dirangkai dengan dialog interaktif ini  bersama kelompok tani, aparat desa, para mahasiswa KKN ULM Banjarmasin, serta para pemangku kepentingan bidang pertanian.

Turut berhadir dalam kegiatan ini Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi, Camat Kandangan Ronaldy P Putra, Dandim 1003 Letkol Infanteri Suhardi Aji S, perwakilan Kantor Pertanian Provinsi Kalsel, jajaran Dinas Pertanian HSS dan Dinas Ketahanan Pangan HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018