Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan (Kemenristekdikti) melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

"Kami berharap dan optimis agar ULM bisa meloloskan banyak tim PKM ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-31 tahun 2018 yang akan digelar bulan November di Yogyakarta," terang Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni ULM Ir H Abrani Sulaiman.

Sebagai reviewer monev Dr Tipri Rose Kartika dari Polimedia Jakarta dan Dr Sugeng Santoso dari IPB, serta tim mahasiswa peserta PKM dari perguruan tinggi di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.
 
PKM merupakan salah satu program yang dilaksanakan Ditbelmawa Kemenristekdikti untuk meningkatkan mutu mahasiswa di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memperkaya budaya nasional.

Monev PKM dijalankan untuk mengevaluasi sampai sejauhmana penerima penugasan PKM telah menjalankan kegiatannya.

Disamping itu kegiatan Monev juga dimaksudkan untuk mengetahui apakah kegiatan PKM yang dilaksanakan oleh kelompok mahasiswa akan dapat diselesaikan tepat waktu.
(antarakalsel/foto/firman)
Monitoring dan evaluasi PKM juga merupakan bentuk akuntabilitas dari penerima hibah, baik yang terkait dengan aspek input, proses, maupun output kegiatan.

Hasil Monev PKM akan menjadi salah satu dasar pemberian rekomendasi dan penetapan Tim Pelaksana PKM yang akan diundang mengikuti Pimnas. 

Seluruh Tim Pelaksana PKM wajib membuat laporan akhir. Sedangkan yang diundang mengikuti Pimnas memperoleh tambahan kewajiban lainnya yaitu menulis artikel yang akan dimuat di dalam jurnal online PKM Ditbelmawa Kemenristekdikti. 

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018