Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Penjabat(Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Dahnial Kifli memilih langsung terjun ke lokasi titik api untuk ikut serta memadamkan bersama dengan para relawan ketimbang pelaksanaan simulasi yang direncanakan lokasinya tak jauh dari posko lapangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) wilayah Daha.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik (BP Kesbangpol) HSS Efran, di Negara, Senin (16/7), mengatakan pj bupati telah mengutarakan maksudnya bersama para relawan untuk bisa terjun langsung, dengan tujuan untuk mengetahui secara riil kondisi di lapangan terkait upaya pencegahan dan pemadaman karhutla.

"Pj bupati bersama relawan dari unsur BPK, PMK, BP Kesbangpol HSS, TNI dan Polri menuju lokasi titik kebakaran lahan di wilayah Kecamatan Daha Barat, yang kemarin juga kita laporkan akibat kebakaran tersebut telah menghanguskan kurang lebih dua hektar lahan pertanian cabe," katanya, di Kantor Camat Daha Selatan.

Baca juga: Video - HSS gelar apel kesiapsiagaan bencana karhutla

Dijelaskan dia, kedatangan pj bupati dalam rangka pencanangan posko lapangan karhutla wilayah daha, meliputi Kecamatan Daha Selatan, Daha Barat dan Daha Utara dan akan posko beroperasi selama satu bulan, posko ini dalam rangka untuk memudahkan komunikasi, koordinasi dan pemantauan dalam upaya antisipasi dan pemadaman karhutla.

Pj Bupati HSS Dahnial Kifli, mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder dalam penanganan karhuta di wilayah HSS, khususnya kepada para relawan yang bekerja keras dan penuh semangat walaupun di lapangan juga menghadapi kendala seperti musibah karhutla yang datang tak kenal waktu, sulitnya akses jalan  dan faktor alam.

Diperlukan upaya kebersamaan yang berkelanjutan dalam penangangan karhutla termasuk sosialiasi kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan, jangan membuang puntung rokok sembarangan apalagi yang melakukan pembakaran secara sengaja karena ada sanksi hukumnya.

"Saya berpengalaman dalam penanggulangan karhutla karena sebelumnya pernah bertugas di Kabupaten Tanah Laut, walaupun kebanyakan dataran tinggi namun karhutla juga sering terjadi ditambah faktor angin dari laut yang bertiup kencang," katanya, saat memberikan arahan dalam pencanangan posko lapangan karhutla wilayah Daha.

Baca juga: Video - Dandim Kandangan ajak pertahankan sinergi penanggulangan karhutla

Menurut dia, siap untuk bisa terjun ke lokasi titik api bersama para relawan, dan jika akses jalan menuju lokasi tidak bisa dilalui dengan roda empat, dan bila tidak bisa dengan roda empat bisa dengan roda dua ataupun jalan kaki, karena segenap usaha yang dilakukan diharapkan dia bisa menjadi ibadah dan bermanfaat untuk masyarakat.

Turut hadir, Camat Daha Selatan H Ahmad Sapuan, Camat Daha Utara Lotvhie Rahmani, para relawan dari BPK dan PMK se Daha, Komuniitas Orari, dan perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan se Daha.
   

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018