Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik (PB Kesbangpol) HSS menggelar peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional tahun 2018, apel siaga penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), sekaligus peringatan Hari Otonomi Daerah ke-22, di Lapangan Datu Durabo, Kalumpang

Sekda HSS H. M. Ideham, di Kalumpang, Senin (30/4), mengatakan bahwa untuk penanganan bencana karhutla yang efektif, adalah dengan menggerakkan seluruh komponen baik perusahaan, masyarakat, serta organisasi-organisasi sampai di tingkat paling bawah.

"Karhutla serta bencana asap dapat dicegah dengan bergerak bersama-sama serta menerapkan kecerdasan lapangan, karena kondisi di setiap daerah berbeda-beda sehingga diperlukan inisiatif dan terobosan sesuai dengan keadaan di lapangan,"katanya, saat menjadi Pembina Apel.

Baca juga: BPBKBP Imbau Masyarakat Waspadai Karhutla
 

Apel Kesiapsiagaan Bencana Karhutla (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Dijelaskan dia, deteksi dini harus terus dilakukan untuk langkah pencegahan, kesiapan SDM dan peralatan harus terus dicek, diperhatikan, termasuk dalam pengaktifan satgas, kesadaran para pengelola lahan atau kawasan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, serta keterlibatan masyarakat dalam bentuk tindakan pencegahan.

Kepala Badan PB Kesbangpol HSS, mengatakan apel yang dirangkai simulasi penanganan kebakaran hutan dan lahan yang dilaksanakan oleh segenap kompenen yaitu pemerintah, TNI, Polri, swasta dan masyarakat.

"Simulasi ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan peringatan, memberikan edukasi, serta memberikan informasi kepada masyarakat bahwa penanganan bencana karhutla adalah tanggung jawab bersama,"katanya.

 

Simulasi Pencegahan dan Penanganan Bencana Karhutla (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Ia mengajak, agar semua pihak bersama-sama mendukung program pemerintah untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten  HSS, dan mengingatkan tindakan pembakaran hutan dan lahan adalah tindakan melanggar hukum.

Baca juga: BPK Daha Dukung Penanganan Karhutla

Dalam kegiatan diserahkan berbagai penghargaan kepada Badan PB Kesbangpol Kabupaten HSS, PT Antang Gunung Meratus (AGM) , Kerukunan PMK Kabupaten HSS dan Orari lokal HSS, atas partisipasi aktif dalam pencegahan dan penanganan karhutla di HSS.
 

Penyerahan Penghargaan Partisipasi (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Turut hadir, Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi,  Kapolres HSS AKBP Rahmat Budi Handoko, Dandim 1003/Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji S, beserta perwakilan Forkopimda, perwakilan dari BPBD Provinsi Kalsel, para kepala OPD, Administrator PT Surya Langgeng Sejahtera (SLS) Sugito, Sekretaris GAPKI Kalsel Hero Setiawan, pimpinan instansi vertikal dan para camat.
   

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018