Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Dandim 1003/Kandangan, Letkol Infanteri Suhardi Aji S mengajak seluruh komponen yang terlibat dalam pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), untuk pertahankan sinergitas yang selama ini terjalin baik di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Ia mengatakan, keberhasilan berupa penghargaan dari Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin atas partisipasi aktif penanggulangan karhutla untuk HSS, tak terlepas dari peran semua pihak, baik dari pemerintah, TNI, Polri, masyarakat dan pihak swasta.

"Selamat atas penghargaan yang telah diterima, baik yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, apresiasi yang diberikan ini tentunya karena kita senantiasa responsif, cepat dan tanggap dan semua elemen aktif dalam penanggulangan karhutla,"katanya, saat memberikan keterangan, disela kegiatan apel siaga pencegahan dan penangangan karhutla dirangkai simulasi, di Lapangan Datu Durabu Kecamatan Kalumpang, Senin (30/4).

Baca juga: Video - Dandim Kandangan bantu korban kebakaran Tumbukan Banyu

Menurut dia, kegiatan simulasi berjalan lancar dan narasi mengalir sesuai dengan upaya yang penanggulangan bencana karhutla di HSS, dan merupakan tindak lanjut dari kegiatan apel gelar kesiapsiagaan bencana yang telah dilaksanakan di tingkat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel, Kamis (26/4) lalu.
Simulasi Penanggulangan Karhutla HSS (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Selain itu, kegiatan ini dalam rangka kesiapsiagaan di Kabupaten HSS dengan rencana akan ditetapkannya tanggal 1 Mei 2018 siaga darurat oleh gubernur sebagai pengarah, dan pihak dia juga bersama elemen masyarakat lainnya melaksanakan patroli terpadu.

Kegiatan simulasi menggambarkan kejadian kebakaran lahan yang berupa semak belukar, dilakukan dengan sengaja oleh warga yang membuka lahan pertanian, selanjutnya api terlihat membesar dan menjalar ke lahan semak belukar hingga membakar rumah warga.

Baca juga: Video - Petani diharapkan jual hasil panen ke Bulog

Petugas lapangan yang patroli terdiri atas Polri, TNI, Satgas BPBD dan Masyarakat Peduli Api (MPA) hingga Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) binaan dari PT Subur Agro Makmur dan PT Surya Langgeng Sejahtera (SLS), bekerjasama dan bahu membahu memadamkan api hingga api bisa dipadamkan.

 

Simulasi Penanggulangan Karhutla HSS (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Diperlihatkan pula, adanya sejumlah insiden terjadi seperti adanya warga yang mengalami sesak nafas hingga pingsan, dan petugas kesehatan juga melakukan aksi evakuasi dan penyelamatan terhadap warga.

Setelah api berhasil dipadamkan, anggota Polri tiba di Lokasi untuk pengamanan lokasi, serta memberi police line di lokasi yang telah terbakar, kegiatan ini diikuti antusias para relawan dan  warga setempat hingga selesai.
   

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018