Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) mengunjungi langsung Desa Bangkau, Kecamatan Kandangan, Kabupaten HSS sekaligus meninjau lokasi Danau Bangkau.

Dahnial Kifli, di Bangkau, Selasa (3/7), mengatakan sebagai Pj Bupati HSS yang baru dilantik, merasa perlu untuk silaturahmi dengan warga sekaligus melihat-lihat kondisi geografis di Kabupaten HSS.

"Terkait permasalahan penyetruman ini sudah lintas kabupaten, jadi juga harus diselesaikan bersama-sama, dan sudah ada perintah dari Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor untuk segera menyelesaikann masalah ini," katanya.
 

Dahnial Kifli kunjungi dan tinjau Danau Bangkau, Kandangan (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Dahnial Kifli inginkan warga Bangkau aman mencari ikan

Dijelaskan, untuk mengatasi penyetruman ikan, pihak dia akan mengoptimalkan segala usaha bersama dengan jajaran pihak kepolisian, dan berharap persoalan di Danau Bangkau ini cepat selesai.

Kepala Desa Bangkau Ardiansyah, mengatakan mendekati musim kemarau ini aktifitas warga banyak terpusat di Danau Bangkau, namun yang menjadi masalah adalah ketika orang-orang luar juga beraktifitas di sana, menangakap ikan dengan alat setrum yang dilarang.

Menurut dia, para penyetrum ini beraktifitas dimalam hari untuk menyembunyikan kegiatan terlarangnya, selain merugikan nelayan lokal, para penyetrum ini tidak jarang melakukan tindak kekerasan terhadap warga yang memergoki kegiatannya.
 

Dahnial Kifli kunjungi dan tinjau Danau Bangkau, Kandangan (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Anggota DPRD HSS Prihatin Konflik Danau Bangkau

Baik warga Bangkau, Pemkab HSS dan pihak kepolisian telah berusaha keras menjaga Danau Bangkau dari para penyetrum, namun para penyetrum ini seakan tidak ada habisnya, setiap datangnya musim kemarau mereka mulai lagi melakukan penyetruman.

"Kami atas nama warga Bangkau dan sekitarnya berharap  agar pihak kepolisian bisa menambah personilnya untuk menjaga Danau Bangkau ini, dan memberikan rasa aman untuk warga dalam mencari ikan," katanya.

Dahnial Kifli didampingi Kepala Dinas Perikanan HSS H Saidinor dan Camat Kandangan Ronaldy P Putra juga menyempatkan diri meninjau Danau Bangkau yang berjarak sekitar satu kilometer dari Desa Bangkau.
 

Dahnial Kifli kunjungi dan tinjau Danau Bangkau, Kandangan (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Pelaku Penyetruman Diamankan Dengan Luka Tombak

Danau Bangkau yang menjadi salah satu penghasil ikan air tawar dan menjadi tempat mata pencarian bagi warga Bangkau dan sekitar yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan, setiap kemarau danau ini kaya akan sumber daya ikan karena terkumpul di danau dan potensi perikananan ini rentan konflik karena ulah para penyetrum karena tindakan melawan hukum.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018