Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, akan mewakili Kalsel pada kegiatan jambore Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (P2TK PAUD NI), di Cibubur, Juni 2012.

"Kepercayaan tersebut diraih setelah Kotabaru berhasil menjadi juara umum jambore Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (P2TK PAUD NI) di Banjarbaru, 4-6 Mei," kata Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah Dinas Pendidikan Kotabaru Slamet Riyadi, Jumat.

Dia menjelaskan, pada jambore P2TK PAUD NI di Asrama Haji Banjarbaru, peserta asal Kotabaru mampu meraih dua juara satu, dua juara dua, dan satu juara tiga dari 11 kegiatan yang dilombakan.

Zulkifli, juara satu pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mitra Insan Prima (MIP) terbaik, dan Nor Hidayah peringkat satu instrukstur seni tari.

Mislansyah, terbaik dua instruktur Hantaran pengantin, dan Nor Ipansyah, terbaik dua pengelola lembaga kursus dan pelatihan.

Sedangkan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Mitra Insan Prima terbaik tiga Instruktur kursus komputer.

"Belum pernah dalam sejarah Kotabaru mampu meraih juara umum jambore P2TK PAUD NI, yang sering dicapai Kotabaru hanya peringkat dua saja," tutur Slamet.

Dengan prestasi tersebut PKBM-PKBM dan lembaga pendidikan non formal di Kabupaten Kotabaru bia berkiprah lebih baik dalam turut serta mencerdaskan bangsa dan menghapuskan angka buta aksara, harapnya.

Ia menjelaskan, saat ini di Kotabaru terdapat 18 PKBM, dan 10 lembaga kursus serta pelatihan.

"Kami mengharapkan pengusus PKBM dan lembaga kursus dan pelatihan bisa lebih bersemangat, terlebih pemerintah daerah dan dunia usaha di Kotabaru akhir-akhir ini turut serta mendorong kiprah lembaga pendidikan non formal tersebut melalui kerjasama-kerjasama," pungkasnya.C/B



Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012