Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK) jenjang SMP untuk 34 sekolah yang digelar serentak  di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengalami gangguan server dan internet, gangguan ini terjadi sekitar 30 menit hingga 1,5 jam.

Kepsek SMPN 3 Kandangan, Abdul Qodir, di Kandangan, Selasa (24/4), mengatakan pelaksanaan UNBK di hari pertama, Senin (23/4)  sempat mengalami penundaan, tertundanya di sesi ketiga dan penyebabnya karena jaringan internet tidak menyambung.

"Setelah mengetahui jaringan internet tidak menyambung dan dilakukan penundaan kurang lebih 1,5 jam, sekolah langsung menghubungi pihak Telkom untuk dilakukan perbaikan, dan setelah internet normal ujian berjalan lancar lagi,"katanya.

Dijelaskan dia,  untuk UNBK pihak SMPN 1 Kandangan telah menyiapkan sebanyak 50 unit komputer dengan dua unit server, yang dibagi tiga sesi untuk menampung 121 orang pelajar untuk pelaksanaan UNBK.

Baca juga: Tahun ini Semua SMP Di HSS Laksanakan UNBK

Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 1 Kandangan, Rosalina, mengatakan di sekolahnya ujian juga mengalami gangguan karena server, pelaksanaan UNBK di hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia sempat mengalami penundaan karena gangguan server selama 30 menit.

Selain di SMPN 3 Kandangan dan SMPN 1 Kandangan, penundaan juga dilakukan di SMAN 3 Kandangan yang merupakan tempat dilaksanannya UNBK untuk SMPN 2 Padang dan SMP Terbuka Padang Batung.

Kepsek SMAN 3 Kandangan Jauhartati, mengatakan di sekolah yang dipimpinnya hanya ada dua sesi pelaksanaan UNBK jenjang SMP, dan sempat tertunda sekitar 30 menit karena gangguan server, namun juga segera teratasi.

Dijelaskan dia, ada 63 orang yang mengikuti ujian di sekolah yang beralamat di Jalan Kamboja, Kandangan yang dia pimpin, penundaan dilakukan di sesi pertama dan sesudahnya di sesi kedua ujian berlangsung lancar tanpa ada gangguan.

Baca juga: Bupati HSS Motivasi Peserta UNBK SMP

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) HSS, Nordiansyah, mengatakan secara umum pelaksanaan UNBK jenjang SMP di hari pertama cukup berjalan aman dan lancar, meski sempat terjadi gangguan server dan jaringan internet.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018