Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, menggandeng Bank Indonesia untuk menyiapkan klaster bawang putih di wilayah ini.

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Akhmad Sofian di Tanjung, Senin mengatakan kondisi tanah di Kabupaten Tabalong sesuai untuk budidaya tanaman bawang putih.

"Sebagai persiapan kawasan klaster bawang putih para petani kita bekali teknik budidaya tanaman ini termasuk perlakuan organiknya," jelas Supian.

Selanjutnya Dinas Pertanunian setempat bersama Bank Indonesia menggelar pelatihan pelakuan organik untuk tanaman holtikultural dan bawang putih.

Supian menyampaikan pelatihan yang menghadirkan narasumber dari Yayasan Anak Bangsa Semarang ini diikuti 65 kelompok tani dan penyuluh pertanian.

Pelatihan dibuka sendiri dibuka oleh Pelaksana Tugas Wakil Bupati Tabalong Zony Alfianoor dan mengingatkan para kelompok tani bisa menerapkan wawasan yang diterima selama pelatihan.

"Pemerintah daerah sangat mendukung pengembangan tanaman bawang putih dan bawang merah guna meningkatkan pendapatan petani lokal," jelas Zony.

Bahkan petani di Desa Uwie Kecamatan Muara Uya juga berhasil mengembangkan tanaman bawang merah varietas Super Philip yang bibitnya berasal dari Nganjuk (Jawa Timur).

 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018