Batulicin, Kalsel, (Antaranews Kalsel) - Wakil Bupati Kotabaru, Kalimantan Selatan H Burhanuddin mengatakan, pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat akan mengunggulkan lima distenasi wisata.

"Memang Kotabaru memiliki banyak objek wisata, tetapi untuk sementara lima yang menjadi program unggulan," ujarnya di sela-sela resepsi perkawinan putri dari H Burhanuddin (Katua DPRD Kalsel) di Batulicin (sekitar 260 kilometer timur Banjarmasin), Rabu.

Mantan anggota DPRD Kalsel itu menyebutkan, lima distenasi wisata yang program unggulan Pemkab Kotabaru pada 2018 terdiri empat yang masuk kategori objek wisata bahari, dan satu objek wisata alam kehutanan.

Ojek wisata bahari tersebut yaitu Taman Siring Pulau Laut yag berada di depan Kantor Pemkab setempat, Pantai Sarang Tiung, Teluk Tamiang, serta Pulau Sambar Gelap.

Pendamping Bupati Kotabaru H Sayed Ja`far itu menerangkan, secara umum keunggulan objek wisata alam kehutanan, yaitu berupa Taman Hutan Meranti Putih, yang saat ini baru satu-satunya di dunia.

"Kemudian Tanam Siring Pulau Laut yang berada di pusat kota Kotabaru akan kita sulap dengan daya tarik melebihi Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) atau minimal sama," katanya menjawab Antara Kalsel.

Begitu pula Pantai Sarang Tiung, selain jarak yang tidak terlalu jauh dengan pusat kota Pemkab Kotabaru, juga memiliki panorama khas yang belum banyak terdapat di nusantara Indonesia.

Sebagai contoh, selain pasirnya yang putih, panorama Pantai Sarang Tiung itu di timur luat (Laut Sulawesi dan Selat Makassar) dan di barat pemandangan pegunungan Gunung Sebatung yang puncaknya berselimutkan kabut kala pagi dan senja hari.

Selain itu, Teluk Tamiang menyuguhkan panorama bawah laut dengan keindahan terumbu karang serta aneka biota laut, yang mungkin tidak kalah bila dibandingkan objek wisata bahari Bunaken, Sulawesi Utara (Sulut) yang sudah mendunia.

Sedangkan Pulau Sambar Gelap Kotabaru, selain sarat dengan panorama kebaharian, juga terdapat jenis penyu hijau, yang merupakan satawa langka serta mendapatkan perlindungan dari kepunahan.

"Dengan mengunggulkan lima distenasi wisata tersebut, bukan berarti Pemkab tidak memperhatikan objek wisata lain di `Bumi Sa-ijaan` Kotabaru," demikian Burhanuddin.

Di kabupaten paling timur Kalsel yang berbatasan Laut Sulawesi dan Salat Makassar, serta Laut Jawa (Laut Indonesia) itu banyak terdapat objek wisata, antara lain Pantai Gadambaan, Goa Temu Luang, Goa Sugong, serta objek wisata ziarah Masjid Tamiang.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017