Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan Khairunnisa dilantik dan diambil sumpah untuk menjalankan tugasnya membantu komisioner penyelenggara pemilu.

Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan Sekretaris KPU Kalsel Basuki, Kamis di Aula Gawi Sabarataan Pemkot Banjarbaru disaksikan Wali Kota Nadjmi Adhani dan undangan lainnya.

"Harap kami sekretaris KPU yang baru dilantik mampu menjalankan tugasnya dengan baik membantu komisioner KPU menjelang pemilihan anggota legislatif 2019," ujarnya.

Ia mengatakan, sekretaris KPU yang statusnya sebagai aparatur sipil negara harus mampu memimpin bawahannya yang juga ASN agar bersikap netral dalam pemilu legislatif nanti.

Dijelaskan, sebagai seorang ASN maka sekretaris KPU juga memiliki tugas menjadi fasilitator dengan jajaran Pemkot Banjarbaru sehingga setiap kegiatan bisa berjalan baik dan sesuai prosedur.

"Sekretaris KPU sebagai koordinator ASN dilingkup internal harus mampu menjaga netralitas termasuk stafnya disamping bisa menjembatani setiap kegiatan di KPU," pesannya.

Ketua KPU Kota Banjarbaru Husein Abdurahman mengatakan, keberadaan sekretaris KPU sangat penting karena membantu penyusunan anggaran hingga masalah teknis dan administrasi.

"Sekretaris KPU juga diharapkan bisa menata sumber daya manusia dilingkup internal sehingga bisa bekerja dengan baik dan profesional agar pelaksanaan pemilu berjalan baik," ucapnya.

Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani mengatakan, dipilihnya Khairunnisa sebagai sekretaris KPU karena dinilai mampu menjalankan tugas di lembaga penyelenggaran pemilu tersebut.

"Kami memilih ASN terbaik untuk menjalankan tugas sebagai sekretaris KPU dan yakin sekretaris yang baru saja dilantik mampu menjalankan tugasnya dengan baik," kata wali kota.

Dikatakan, sekretaris KPU maupun ASN lain di lembaga itu harus mampu mengedepankan integritas, moralitas dan netralitas dalam menjalankan tugasnya sesuai UU Nomor 7 tahun 2017.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017