Barabai, (Antaranews Kalsel) - Semaraknya peringatan maulid Nabi Muhammad di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) membuat harga kebutuhan pokok di Pasar Keramat Barabai juga ikut naik.

"Banyaknya masyarakat HST yang hampir di setiap Desa memperingati bulan Maulid membuat permintaan akan berbagai macam kebutuhan masak dan rempah-rempah juga ikut meningkat," kata Sriwati salah satu pedagang Sembako di Pasar Keramat barabai Senin (27/11).

Dia menyampaikan saat ini yang kelihatan signifikan naik adalah bawang merah dan telor ayam ras.

"Harga bawang merah sebelumnya hanya sekitar Rp20 Ribu perkilogram naik menjadi Rp24 Ribu dan telor ayam ras yang sebelumnya hanya Rp24 Ribu perkilogram naik menjadi Rp26 Ribu," katanya.

Namun menurutnya kenaikan ke Dua bahan tersebut tidak terlalu berpengaruh atau berkurang terhadap permintaan para pembeli.

"Karena telor dan bawang sudah menjadi kebutuhan masyarakat baik untuk rempah-rempah masakan maupun membuat kue," katanya.

Dari Dinas Perdagangan HST Murjaini menyampaikan harga kebutuhan pokok yang juga naik adalah bawang putih yang minggu lalu hanya Rp18 Ribu perkilogram naik menjadi Rp20 Ribu.

"Begitu juga dengan daging sapi murni yang minggu lalu Rp115 Ribu perkilogram naik menjadi Rp120 ribu perkilogram," katanya.

Menurutnya untuk daging ayam ras juga naik dari sebelumnya Rp22 Ribu perkilogram naik menjadi Rp25 ribu dan ayam kampung dari Rp32 ribu perkilogram naik menjadi Rp35 Ribu.

"Kenaikan ini sudah menjadi kebiasaan karena banyaknya masyarakat HST yang memperingati bulan Maulid dengan acara yang sangat meriah dan hampir di setiap Desa dengan beraneka makanan yang istimewa," katanya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Muhammad Taufikurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017