Sebuah objek wisata yang berada di jajaran Pegunungan Meratus, Manggasang, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) memiliki nilai jual yang tinggi bagi wisatawan.


Masalahnya, objek wisata ini menarik karena berada di wilayah Hutan Tropis Basah Pegunungan Meratus, dengan air sungai jernih mengalir diantara bebatuan, kata Syamsu Reza, seorang pengunjung objek wisata tersebut, Senin.

Keunggulan objek wisata yang berada di kawasan yang banyak ditumbuhi flora dan hunian fauna ini tidak terlalu jauh dari Kota Barabai,ibu kota kabupaten HST dan bisa diakses melalui jalan darat memanfaatkan roda empat.

Apalagi lokasi Manggasang tak jauh dari lokasi objek wisata yang sudah terkenal, Batu Benawa sehingga kunjungan ke objek wisata ini  bisa menjadi satu paket.

Batu Benawa sendiri yang sudah menjadi objek wisata andalan Kalsel itu juga memiliki sungai yang jernih, terdapat beberapa gua, yang didalam gua terdapat stalagtit dan stalagmit yang mirif dengan tubuh manusia,binatang, dan  aneka peralatan dapur.

Kelebihan objek wisata Banu Benawa karena memiliki sebuah legenda seperti yang menarik persis seperti cerita Malin Kundang.

Menurut Syamsu Riza,mengenalkan Manggasang memang tidak mudah tetapi pengunjung bisa dipancing dulu ke Banua Benawa kemudian baru digiring ke lokasi baru tersebut.

Hanya saja, Syamsu Rizal menyayangkan objek wisata ini masih belum dikelola secara maksimal oleh Pemkab setempat, dan terkesan  seadanya seperti tidak tersedianya toilet, kamar ganti pakaian yang memadai.

Disamping itu juga belum tersedianya tempat parkir khusus, dan areanya yang juga terasa sempit sekali apalagi kalau bertepatan hari libur lebaran di saat pengunjung membludak.

Oleh karena itu, diharapkan Pemerintah Kabupaten HST melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) memberikan perhatian khusus untuk mengembangkan Obyek Wisata Manggasang sebagai salah satu destinasi wisata alam andalan banua.

Begitu pun akan lebih baik lagi apabila mendapatkan dukungan dan partisipasi para investor  swasta untuk melengkapi fasilitas demi kenyamanan dan keamanan pengunjung yang tentunya akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga sekitar  dan pendapatan asli daerah./D/D

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012