Marabahan, (Antarnews Kalsel) - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan monitoring pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di Kabupaten Barito Kuala, Jumat (22/9).


Ketua Komisi I DPRD Kalsel H Syahdillah mengatakan, kunjungan tersebut untuk menyerap informasi mengenai pelaksanaan pelayanan pembuatan KTP-el dan kendala yang dihadapi oleh pemerintah kabupaten.

"Kami telah melaksanakan monitoring ke beberapa kabupaten/kota dan berbagai informasi telah kami peroleh," ujarnya.

Dijelaskannya,  banyaknya keluhan dari masyarakat mengenai pembuatan KTP-el, sehingga dirasa perlunya menyerap informasi dari penyelenggara agar dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan dibawa ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dalam kunjungan itu, sebut dia, terungkap Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Batola telah berusaha dengan berbagai inovasinya demi kelancaran pelayanan KTP-el tersebut.

"Kami sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, memberikan bintek kepada aparatur, jemput bola ke lapangan serta penyediaan kelengkapan pelayanan," kata Kadisdukcapil Batola Jakuinudin.

“Kendala yang ada saat ini ditemukan adalah, tingkat kesadaran masyarakat yang harus dibenahi seperti, meluangkan waktu untuk melakukan perekaman,” ucapnya.

Selain itu, jelas dia, ketersediaan blangko, tinta dan film untuk mencetak KTP-el  sampai saat ini masih dilakukan oleh pemerintah pusat.

“Jika kehabisan kami pun tidak mampu berbuat apa-apa. Kami hanya bisa memberikan surat keterangan pengganti KTP-el  sesuai surat edaran Mendagri 471.13/2051/Dukcapil,” ungkapnya.

Ditambahkan, Sekretaris Disdukcapil Batola Tuyatno,  peralatan yang digunakan mulai tahun 2012 merupakan peralatan yang sudah pernah dipakai oleh daerah lain pada tahun sebelumnya, sehingga bisa dikatakan peralatan tersebut tidak dalam kondisi baru atau 100%.

Sementara,  Wakil Bupati Batola H Ma'mun Kaderi mengucapkan selamat datang di Kota Marabahan, ibukotanya Kabupaten Barito Kuala.

"Kehadiran bapak dan ibu sekalian selain memberikan kebanggaan dan kebahagiaan bagi kami juga sebagai momen untuk mempererat hubungan kekeluargaan, kerjasama dan kemitraan,” tandasnya.

Dia berharap, hubungan tersebut semakin menambah keharmonisan sekaligus menguatkan sinergitas sebagai bentuk upaya bersama untuk mewujudkan kemajuan pembangunan daerah.


Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017