Amuntai, (Antaranews Kalsel) -Kelompok kerja operasional Pos Pelayanan Terpadu (Pokjanal Posyandu) Kabupaten Hulu Sungai Selatan sambangi Posyandu Kamboja Kabupaten Hulu Sungai Utara yang baru saja meraih Penghargaan Nasional Pakarti Madya dua untuk melakukan studi pembelajaran.


Kunjungan Pokjanal Posyandu Hulu Sungai Selatan (HSS) ini dipimpin Ketua Dharma Wanita HSS Rabiatul Adawiyah dengan membawa serta pengurus Posyandu dari Kecamatan Daha Selatan dan sejumlah pejabat terkait.

"Kunjungan kita untuk mengetahui Posyandu Kamboja sehingga bisa meraih penghargaan Pakarti Madya agar nanti bisa juga diterapkan bagi posyandu di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, " ujar Rabiatul.

Rabiatul mengatakan, keberhasilan pengembangan dan pembinaan Posyandu di Kabupaten HSU patut di contoh, sebagai kabupaten tetangga HSS sudah sewajarnya belajar dari Kabupaten HSU.

Ketua TP PKK HSU Anisah Rasyidah menyambut kunjungan Pokjanal Posyandu HSS mengatakan, keberhasilan Pokjanal Posyandu HSU tidak lepas dari kerja sama lintas sektoral serta swadaya masyarakat dan pengurus Posyandu.

"Penghargaan Pakarti Madya dua ini diperuntukan bagi seluruh unsur terkait yang sudah sudah berhasil membina Posyandu Kamboja di Desa Kota Raja sehingga berhasil meraih penghargaan nasional." katanya.

Ketua Posyandu Kamboja Nurleha menjelaskan, persiapan posyandu Kamboja hingga meraih penghargaan nasional sebenarnya cukup singkat hanya tiga tahun, berkat kekompakan semua pihak dan swadaya masyarakat sekitar hingga Posyandu ini berhasil meraih penghargaan.

Posyandu Kamboja dalam operasionalnya melakukan berbagai inovasi untuk menarik perhatian warga khususnya kaum ibu agar membawa balitanya untuk ditimbang dan melakukan pemeriksaan kesehatan di posyandu.

Inovasi yang dilakukan diantaranya menghadirkan tempat bermain anak, tokoh kartun kesayangan mereka hingga arisan bagi kaum ibunya. Kegiatan Posyandu juga terintegrasi dengan Posyandu Lansia dan Bina Keluarga Balita.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017