Barabai, (AntaraNews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten  Hulu Sungai Tengah (HST) akan mengratiskan pengurusan sertifikat lahan pertanian dan perkebunan milik seluruh petani.
     
"Kita ingin mengayomi para petani melalui pengurusan sertifikat gratis lahan pertanian dan perkebunan agar Pemerintah dalam memberikan bantuan lebih terukur dan jelas jumlah lahannya," kata Bupati HST Abdul Latif di Barabai, Rabu,
   
Selanjutnya pembagian bibit dan pupuk kepada kelompok tani melalui pos Gabungan kelompok tani (Gapoktan).
     
"Jadi kami harap para kelompok-kelompok tani yang ada di Desa agar bergabung dalam Gapoktan untuk memaksimalkan semua bantuan dan tepat sasaran," katanya.
    
Latif pun menginstruksikan seluruh kepala desa untuk membangun gudang Alat mesin pertanian (Alsintan) di setiap desa untuk menampung seluruh peralatan di kelompok tani.
    
"Alat-alat pertanian bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat baik petani maupun bukan dan saya berharap dapat dirawat lebih baik," kata Latif saat safari Ramadhan di Desa Labunganak.
   
Dia juga meminta kepada masyarakat agar mengajak anak-anaknya belajar bertani ke sawah agar ada regenerasi petani.
   
"Sekarang ini anak-anak muda sudah gengsi untuk bertani, padahal bertanipun juga bisa sukses tidak hanya selalu menginginkan menjadi PNS," katanya.

Pewarta: muhammad taufik rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017