Balangan, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 105 pedagang, menempati stand wisata kuliner di lokasi pasar Ramadhan 1438 Hijriyah yang dipusatkan di terminal Paringin, ibukota Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan.

Pasar Ramadhan dibuka dan diresmikan  oleh Bupati Balangan, H Ansharuddin dan Ketua TP PKK setempat Hj Nursidah Ansharuddin, Sabtu (27/5).

Aktivitas hari pertama wisata kuliner pasar Ramadhan tersebut dipadati para pengunjung dari berbagai daerah di Balangan.

Menurut  Bupati, rutinitas tahunan pasar ramadhan tersebut memiliki khas tersendiri, dimana berbagai varian masakan makanan dan kue lokal ada di lokasi stand pasar ramadhan.

"Pasar ramadhan bukan hanya sebagai aktivitas jual beli menu berbuka siap saji, namun lebih kepada nilai budaya dan wisata, yaitu sebagai wadah bersilaturahmi serta tempat menemukan berbagai varian masakan lokal," jelasnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Rody Rahmadi Noor, selaku ketua pelaksana pasar Ramadhan berharap, dengan adanya pasar Ramadhan, produk rumah tangga atau UKM dapat dipasarkan dilokasi tersebut.

"Mereka pelaku UKM dapat memasarkan produknya di lokasi pasar ramadhan, sehingga dapat dikenal serta mudah didapatkan oleh konsumen," jelasnya.

Dimana selama ini, lanjut Rody Rahmadi Noor, produk UKM yang digadang-gadang sebagai ciri khas "Bumi Sanggam" seperti Manday Chryspi, Kerupuk Waluh, dan lain sebagainya, susah didapatkan oleh warga sendiri, selain itu harganya yang sudah cukup mahal.

"Diharapkan dengan adanya pasar Ramadhan, menjadi kesempatan bagi pelaku UKM tersebut untuk mengenalkan produknya kepada warga sendiri, sekaligus sebagai survey harga yang pantas dipasarkan," imbuhnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017