Banjarbaru (Antaranews Kalsel) - Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Nadjmi Adhani mendorong peningkatan minat baca buku masyarakat melalui adanya perpustakaan pada lima kecamatan di kota setempat.


"Kami berupaya mendorong minat masyarakat membaca buku terutama melalui operasional perpustakaan yang diaktifkan pada lima kecamatan," ujarnya di Kota Banjarbaru, Rabu.

Pernyataan tersebut disampaikan usai peresmian Perpustakaan Percontohan Banjarbaru Selatan di Jalan RO Ulin yang dilakukan Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Rierin Nadjmi Adhani.

Menurut wali kota, Banjarbaru saat ini memiliki empat buah perpustakaan yakni perpustakaan induk Jalan Wijaya Kusuma, perpustakaan Kecamatan Banjarbaru Utara dan Selatan serta Cempaka.

"Dua kecamatan lagi yang masih belum memiliki perpustakaan yakni Kecamatan Landasan Ulin dan Liang Anggang yang kami upayakan untuk memiliki perpustakaan," ujarya.

Ia mengakui, minat baca masyarakat cenderung menurun karena keberadaan alat komunikasi atau telepon seluler yang bisa menjadi sarana membuka segala informasi terkini.

Ditekankan, meski segala usia bisa dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi melalui alat komunikasi canggih tetapi penggunaannya tidak terkontrol sehingga bisa berdampak negatif.

"Informasi melalui alat komunikasi canggih membuat informasi yang diakses tidak terkontrol, tetapi melalui buku maka mudah mengontrol sehingga kami harapkan buku jadi pilihan," katanya.

Ketua TP PKK Banjarbaru Rierin Nadjmi Adhani mengatakan, keberadaan gedung perpustakaan harus bisa memberikan daya tarik sehingga banyak dikunjungi masyarakat yang ingin membaca buku.

"Seperti gedung perpustakaan baru ini, harus ada inovasi baik cat bangunan maupun fasilitas yang memadai termasuk adanya kegiatan khusus sehingga bisa menarik minat pengunjung," ujarnya.

Sementara itu, gedung perpustakaan yang diresmikan diberi nama dua rumpun bambu dan keberadaannya diharapkan bisa berkelanjutan seperti filosofi bambu yang tegar diterpa angin kencang.

"Perpustakaan ini memakai gedung baru yang dua tahun tidak terpakai dan kami berharap bisa terus aktif melayani pengunjung," kata wali kota didampingi Ketua DPRD AR Iwansyah.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017