Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Pusat Kegiatan Belajar dan Mengajar (PKBM) Amal Saleh di Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan  Pensil (UNKP) paket C secara swadaya.

Para siswa paket C secara sukarela membeli perlengkapan ujian berupa pensil, penggaris, penghapus dan rautan secara swadaya, kata salah satu guru PKBM Amal Saleh Ika Rahmawati di Tanjung, Senin.

"Tiap siswa paket C secara sukarela membayar Rp35 ribu untuk keperluan membeli perlengkapan ujian termasuk membeli konsumsi guru pengawas," jelas Ika.

Sebagai pusat kegiatan belajar yang dikelola Yayasan Amal Saleh tercatat sebanyak 60 siswa yang tahun ini mengikuti UNKP paket C.

Dengan tujuh mata pelajaran para siswa paket C melaksanakan ujian nasional tiap Sabtu dan Minggu.

UNKP dilaksanakan sejak 15 hingga 23 April 2017 mencakup mata pelajaran Bahasa Indonesia, Geografi, Sosiologi, Matematika, Bahasa Inggris, Kewarganegaraan dan Ekonomi.

Sedangkan naskah soal dari Kementerian Pendidikan saat ini sudah diamankan di Polsek Murung Pudak dan diambil pada saat pelaksanaan UNKP.

"Lembar jawaban dan soal pada hari pelaksanaan juga langsung kita kembalikan ke Dinas Pendidikan," jelas Ika.

PKBM Amal Saleh sendiri mulai berdiri sejak 2002 untuk program paket C dan paket B pada 2007.

Saat ini jumlah tenaga pengajar sebanyak 12 orang dengan latar belakang pendidikan sarjana pendidikan.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017