Rantau, (Antaranews Kalsel) - Masyarakan Pegunungan Meratus di desa Pipitak Jaya dan Desa Harakit Kecamatan Piani Kabupaten Tapin merasa gembira dengan diadakannya "Hati Acil Dandaman" di desa mereka, Kamis (13/4).

Program "Hati Acil Dandaman" yatiu program yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan TP PKK Tapin untuk melayani  kesehatan masyarakat  di daerah terpencil, pedalaman, dan kepulauan (DTPK).

Program DTPK yang diberi nama Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Daerah Terpencil dan Pedalaman atau biasa disebut  "Hati Acil Dandaman".

Masran warga Desa Harakit mengatakan sangat senang dengan program Hati Acil Dandaman ini, karena masyarakat  daerah terpencil  bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis tanpa harus ke Puskesmas.

"Kalau ke Puskesmas kan jauh, kami harus naik turun gunung, jadi dengan adanya kegiatan seperti ini kami merasa sangat terlayani," ujarnya.

Ia pun bersama warga lainya berharap kegiatan seperti Hati Acil Dandaman ini bisa lebih sering dilaksanakan di desanya agar masyarakat bisa lebih mengerti perilaku hidup bersih dan sehat (PHDS).

"Kita berharap kegiatan seperti ini lebih dipersering saja," harapnya.

Wakil Ketua TP PKK Tapin  Diah Nila Sufian Noor menjelaskan Hati Acil Dandaman yang dilaksanakan oleh TP PKK Tapin bekerjasama dengan Dinas Kesehatan adalah dalam rangka pemerataan kualitas kesehatan khususnya di daerah terpencil.

"Pada hari ini kami membawa 14 tenaga medis dari dokter umum, bidan, perawat dan apotiker," ujarnya.

Ia pun berharap dengan adanya program Hati Acil Dandaman tersebut bisa benar-benar diterima oleh masyarakat secara maksimal dan membuat masyarakat lebih tahu dan mengerti dengan perilaku bersih dan sehat.

"Kita harap masyarakat di sini bisa memaksimalkan pelayanan kesehatan gratis ini khususnya untuk ibu hamil, anak-anak, dan lansia," ujar istri orang nomer dua di Tapin tersebut.

Pewarta: M Husein Asyari

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017