Tanjung,  (Antaranews Kalsel) - Jumlah pencari kerja di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan dalam kurun waktu tiga bulan terakhir mencapai 600 orang yang didominasi lulusan SMA.

Kepala Bidang Penempatan Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong Masruni di Tanjung, Kamis mengatakan jumlah tersebut sesuai dengan pemohon Kartu Kuning.

"Berdasarkan jumlah pemohon kartu kuning tercatat sebanyak 600 orang pencari kerja di Kabupaten Tabalong," jelas Masruni.

Data di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong jumlah pencari kerja tahun lalu bahkan mencapai 4.560 orang dengan rincian laki-laki 3.161 orang dan perempuan 1.409 orang.

Sedangkan lowongan kerja yang tersedia di kabupaten paling Utara Provinsi Kalsel ini hanya 817.

Sementara itu sebagai upaya peningkatan keterampilan bagi lulusan SMA atau para pencari kerja Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja (BLK) melaksanakan pelatihan kerja.

Pelatihan kerja ini diikuti 80 pencari kerja dengan mengikuti lima jurusan yakni keuangan, komputer, las industri, pendingin hingga otomotif.

Dimana tiap jurusan diikuti 16 orang yang sebelumnya telah diseleksi dari total pendaftar sebanyak 257 orang.

Pelatihan keterampilan tahap pertama ini bekerjasama dengan sejumlah perusahaan dibuka oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017