Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banjarmasin, Sofrayani mengungkapkan hanya tiga madrasah di kota itu yang siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2017.

"Madrasah yang siap UNBK itu dua Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) dan satu Madrasah Aliayah Negeri (MAN), itu saja," ujarnya di Banjarmasin, Senin.

Dua MTsN yang siap melaksanakan UNBK tersebut adalah MTsN Banjarmasin Selatan 1 dan MTsN Banjarmasin Selatan 2, satunya MAN 2 Model Banjarmasin.

"Khususnya untuk MTsN ini ada kemajuan, sebab tahun lalu tidak ada satupun yang melaksanakan UNBK tersebut, kalau MAN masih sama sekolah satu ini," ucapnya.

Sofrayani menuturkan, tidak semua madrasah di ibu kota provinsi Kalsel ini yang memiliki peralatan lengkap untuk melaksanakan UNBK tersebut, hingga tidak ada dipaksakan.

Dia menuturkan, bagi madrasah yang belum siap demikian juga siswanya memang lebih baiknya melaksanakannya secara manual, hingga tidak masalah dikemudiannya karena banyak yang tidak lulus.

"Bagi sekolah yang melaksanakan UNBK ini pun kita terus memantaunya, sebab harus dipastikan betul mereka bisa, ahli menggunakan komputer dan tidak gugup," paparnya.

Sebelumnya Kepala Kanwil Kemenag Kalsel HM Noor Fahmi menyatakan, untuk se- Kalsel atau madarasah di 13 kabupaten/kota ada sebanyak 50 madrasah yang menyatakan siap melaksanakan UNBK tahun 2017 ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel Yusuf Effendi menyatakan pula, semua siswa di sebanyak 123 SMK di Kalsel menyatakan tekad melaksanakan UNBK, artinya meski sekolahnya tidak melaksanakan, akan ikut di SMK lain.

Sedangkan untuk SMAN, ujarnya, sekitar 50 persennya di provinsi ini juga menyatakan kesiapan melaksanakan UNBK ini, jadi totalnya dengan SMK lebih 300 sekolah.

"Disdik terus melakukan pemantauan terhadap sekolah yang akan melaksanakan UNBK ini," ujarnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017