Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) Faried Fakhmansyah meninjau pembangunan asrama mahasiswa daerah HST yang menempuh pendidikan tinggi di luar daerah yang terletak di Yogyakarta.

“Pembangunan Asrama Murakata di Yogyakarta ini sudah tahap II. Sebelumnya tahap I sudah dilakukan di tahun 2023 mulai dari fondasi hingga pengerjaan lantai satu, dan tahap II ini akan melanjutkan pembangunannya hingga proses finishing,” kata Faried dalam keterangannya di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Jumat.

Baca juga: Pemkab HST bangun asrama mahasiswa di Yogyakarta

Dia menyebutkan asrama mahasiswa daerah ini terletak di Jalan Jambon IV Gang Batan, Kelurahan Kricak, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta, dengan spesifikasi bangunan terdiri atas 3 lantai, dengan lantai 1 meliputi ruang tamu, kamar tamu dan fasilitas umum, lantai 2 dan 3 masing-masing 6 kamar.

“Berdasarkan laporan pihak pengembang, progres pengerjaan asrama mahasiswa murakata ini sudah mencapai 43 persen, pembangunan sesuai dengan rencana dan target yang ditentukan," ujarnya.

Faried mengatakan fasilitas ini merupakan bentuk perhatian dari pemerintah daerah terhadap peningkatan pendidikan untuk generasi muda, yakni pengembangan sumber daya manusia.

Dia berharap fasilitas tersebut dapat menjadi langkah strategis untuk anak-anak Kabupaten HST yang menempuh pendidikan di luar daerah yang nantinya akan kembali ke daerah untuk membangun HST.

“Semoga pembangunan asrama ini bisa segera selesai akhir tahun ini dan bisa segera digunakan oleh mahasiswa HST,” ujar Faried.

Baca juga: Wabup HST hadiri Peringatan Maulid oleh kerukunan mahasiswa Murakata di Banjarmasin

Sementara itu, Inspektur Daerah Kabupaten HST Ainur Rafiq mengatakan berdasarkan pengawasan probity terhadap pembangunan asrama ini, pihaknya melakukan pengawasan pada progres pembangunan apakah berjalan sesuai perencanaan dalam rencana anggaran belanja (RAB), dan jika ada hambatan dapat segera diselesaikan, terlebih juga sudah ada konsultan pengawas.

“Untuk hasil probity pengawasan pembangunan Asrama Murakata Yogyakarta ini, secara umum dari perhitungan progres sementara sudah berjalan sesuai perencanaan,” ujar Ainur.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024