Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) dari Markas Besar TNI AD (Mabesad) meminta personel TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 Kodim 1010 Tapin untuk melanjutkan pembangunan jalan dengan membuka akses jalan dua kilometer lagi di Desa Salam Babaris, Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Masyarakat setempat berharap agar jalan yang sudah dibuka sepanjang satu kilometer lebih ini dapat dilanjutkan pada program TMMD tahun depan untuk menghubungkan akses menuju kampung seberang sepanjang dua kilometer,” kata Ketua Tim Wasev Mabesad Brigjen TNI Tarsono usai meninjau TMMD ke-122 Kodim 1010 Tapin di Desa Salam Babaris, Kabupaten Tapin, Selasa.

Baca juga: Pemkab Tapin: TMMD ke-122 strategi vital percepat bangun desa

Dia menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur jalan guna mempermudah akses masyarakat, terutama bagi masyarakat yang berprofesi sebagai petani dalam pengelolaan kebun karet.

"Jalan yang dibangun TNI ini sangat penting untuk aktivitas warga. Selain jalan, kami harap jembatan yang rusak juga dapat segera diperbaiki agar akses transportasi bagi masyarakat lebih lancar," ujarnya.

Jenderal TNI bintang satu itu mengatakan secara keseluruhan, program TMMD di Tapin sudah berjalan dengan baik sesuai jadwal. Namun, pihaknya tetap memberikan beberapa masukan agar hasilnya lebih optimal karena masih ada waktu sekitar satu pekan lagi untuk meningkatkan pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga: Penjabat Bupati Tapin tinjau lokasi TMMD di Kembang Habang Lama

Menurut dia, hasil tinjauan ini merupakan bukti bahwa TMMD tetap relevan di era globalisasi sebagai sarana kemanunggalan TNI dengan masyarakat.

Tim Wasev juga meninjau beberapa program unggulan TMMD ke-122 lainnya, yakni TNI Manunggal Air Bersih (TMAB), rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pembangunan MCK, rehabilitasi Mushola Nurul Ihsan, sarana dan prasarana lain, termasuk sasaran nonfisik seperti sosialisasi dan edukasi untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat.

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Tapin Fiqri Irmawan mengapresiasi kedatangan Tim Wasev dari Mabesad dan menyatakan bahwa Pemkab Tapin mendukung penuh program TMMD, termasuk melalui alokasi dana hibah sebesar Rp1,1 miliar.

"Kami berharap hasil dari program ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat Desa Salam Babaris," ujar Fiqri.

Baca juga: TNI bangun jalan 2,9 KM untuk tingkatkan ekonomi rakyat Tapin

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang/M Rastaferian Pasya

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024