Kodim 1010 Tapin, Kalimantan Selatan memulai bangun jalan sepanjang 2,9 KM untuk ikut andil meningkatkan perekonomian melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-118 di Desa Kambang Habang Baru, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. 

Dandim 1010 Tapin Letkol Arh Pryoni Palebangan mengungkapkan jalan yang dibangun itu nantinya akan mempermudah mobilitas barang dan orang, sehingga memudahkan transaksi ekonomi di wilayah tersebut. 

"Kegiatan TMMD kali ini meliputi sasaran fisik berupa pembuatan badan jalan sepanjang 2,9 km dengan lebar 7 meter di Desa Kembang Habang Baru," ujarnya di Rantau, Jum'at. 

Kegiatan TMMD ini berlangsung mulai 20 September berakhir 10 Oktober 2023,  dengan beragam sasaran kerja yang ditargetkan berdampak langsung kepada masyarakat. 

"Selain pembangunan jalan, ada juga bedah rumah dan rehab dua mushala, ini untuk sasaran fisik," ujar Pryoni. 

Selain itu, untuk yang non fisik. Kodim 1010 Tapin telah mengagendakan kegiatan penyuluhan seperti : layanan KB, kesehatan, pertanian, peternakan, bahaya narkoba, wawasan kebangsaan dan bela negara, hingga sosialisasi tentang rekrutmen TNI. 

"Demi target yang harus dicapai, tak kurang 150 personel TNI kita turunkan, serta masyarakat sekitar juga dilibatkan," ujarnya. 

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tapin Rahmadi, mengatakan pihaknya menyambut baik atas terlaksananya TMMD ke-118 tersebut. 

"Program ini adalah bukti dari kerjasama yang kuat antara TNI dengan masyarakat dalam upaya membangun desa dan meningkatkan kualitas hidup warga Tapin," ungkapnya. 

 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023