Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan memantau 20 titik persimpangan lewat kamera pengawas atau "CCTV" untuk memantau kelancaran arus lalulintas dan sebagainya di kota setempat.
 
Disampaikan Kepada Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin Slamet Bagjo di Banjarmasin, Sabtu, kepadatan arus lalulintas di kota ini sudah cukup tinggi, hingga pemantauan diintensifkan lewat kamera CCTV.

Baca juga: Wakil Walikota dorong Inovasi Teknologi Dishub Banjarmasin
 
"Setiap tahun kita tambah untuk kamera CCTV di persimpangan di kota ini," ucapnya.
 
Pada tahun ini dianggaran perubahan, ucap Slamet, dipasang CCTV di persimpangan Pasar Lama.
 
Menurut dia, pemasangan CCTV untuk memantau arus lalulintas tersebut dilengkapi juga rekaman edukasi bagi pelanggar peraturan berlalulintas.
 
"Misalnya ada yang tidak pakai helm, keluar dari garis atau terlalu maju, di sana secara otomatis akan disampaikan teguran, sekalian edukasi keselamatan berlalulintas," ujarnya.

Baca juga: Dishub Banjarmasin sosialisasikan pembayaran parkir berbasis digital
 
Slamet menyampaikan fasilitas CCTV ini juga berintegrasi dengan kepolisian, sebab ranah untuk menilang pelanggaran lalulintas hak kepolisian.
 
Untuk Dishub Banjarmasin, kata dia, memantau kepadatan arus lalulintas, hingga petugas bisa diturunkan jika kemacetan panjang terjadi.
 
"Kita selalu bersinergi dengan kepolisian untuk ketertiban lalulintas di jalanan ini," ujarnya.
 
Pengadaan fasilitas CCTV di titik-titik persimpangan ini sebagai bagian dari program smart city atau Kota Pintar Banjarmasin.
 
"Ini bagian dari kemajuan Kota Banjarmasin," ujarnya.

Baca juga: Polresta-Dishub Banjarmasin cegah lonjakan arus mudik 2024
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024