Polresta Banjarmasin jajaran Polda Kalimantan Selatan dan Dinas Perhubungan (Dishub) kota setempat menyiapkan sejumlah langkah guna mengantisipasi lonjakan arus mudik pada Lebaran 1445 Hijriah/2024.

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo mengatakan pihak kepolisian menyiapkan sebanyak 500 personel gabungan untuk mendukung kelancaran mudik Lebaran pada Operasi Ketupat Intan 2024.

Baca juga: Polresta-Pemkot Banjarmasin pantau ketersediaan bahan pokok

“Kami juga mendirikan beberapa pos koordinasi di beberapa titik untuk memudahkan kinerja 500 personel gabungan,” ujar Sabana usai melaksanakan apel gelar pasukan operasi kepolisian terpusat “Ketupat Intan 2024” di Markas Polresta Banjarmasin, Rabu.

Ia menyebutkan kepolisian bersama Ppemerintah Kota Banjarmasin dan organisasi masyarakat akan memaksimalkan beberapa pos untuk kelancaran mudik, antara lain pos pengamanan, pos terpadu, hingga pos pelayanan.

“Kami menyiapkan personel gabungan berjaga selama 24 jam secara bergantian,” kata Sabana.

Selain itu, Polresta Banjarmasin juga berpatroli di lingkungan Kota Banjarmasin guna memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam perayaan Idul Fitri 2024, termasuk patroli skala besar pada hari tertentu.

Sabana mempersilakan bagi masyarakat yang mudik diperbolehkan menitipkan kendaraan roda dua dan roda empat di halaman Polresta Banjarmasin dan Polsek jajaran.

Baca juga: Satpolairud Polresta Banjarmasin larang kapal overload saat arus mudik Lebaran

Sementara itu, Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Dishub Kota Banjarmasin Jahri mengatakan pihaknya memperkirakan arus mudik tahun ini mengalami peningkatan sekitar tujuh persen.

“Kami dari pemerintah kota menyiapkan beberapa langkah antisipasi, yakni menyediakan 10 unit armada bus serta dua uni mobil pengamanan,” ucapnya.

Selain pengamanan di darat, pemerintah kota juga menyiapkan speed boat untuk mengawasi arus mudik di wilayah perairan sungai.

“Kita harus bersinergi dengan instansi lain untuk mengantisipasi peningkatan arus mudik dalam rangka memberikan keamanan dan kelancaran bagi masyarakat khususnya saat Lebaran,” ucap Jahri.

Baca juga: Polresta Banjarmasin amankan belasan pemuda pesta miras dan hendak tawuran

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024