Anggota DPRD Kalsel H Muhammad Syaripuddin  menyerahkan tiga unit "super combine" atau mesin panen padi merk Crown untuk petani di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu,) Kalimantan Selatan (Kalsel).

Muhammad Syaripuddin atau yang akrab dengan sapaan Bang Dhin mengemukakan, tiga mesin panen tersebut merupakan bagian dari aspirasi petani yang tergabung pada Kelompok Tani Kecamatan Kusan Tengah (sekitar 260 km tenggara Banjarmasin), Jumat.

Baca juga: 113 poktan di HSS terima bantuan alsintan

Wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel VI/Kabupaten Kotabaru dan Tanbu tersebut mengungkapkan, bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) itu oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) guna memenuhi aspirasi masyarakat melalui perjuangan H Novri Ompusunggu.

"H Novri, Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan daerah pemilihan (dapil) Kalsel II," ungkap Bang Dhin.

Dalam pemilihan keanggotaan DPR RI di Kalsel yang terdiri atas 13 kabupaten/kota terbagi dua dapil, untuk dapil II memperebutkan lima jatah meliputi Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru,. Kabupaten Tanah Laut (Tala), Tanbu dan Kabupaten Kotabaru.

Menurut Bang Dhin, bantuan Alsintan yang dia serahkan secara simbolis tersebut berkat perjuangan H. Novri Ompusunggu selaku Anggota DPR RI yang telah menyerap aspirasi masyarakat, dan mengusulkan ke Kementrian Pertanian untuk mendapatkan bantuan dan segera realisasi.

Mewakili H. Novri Ompusunggu, Bang Dhin berpesan kepada para Kelompok Tani yang menerima bantuan, agar menjaga dan memelihara serta menggunakannya dengan baik secara bersama sama.

"Hendaknya bantuan tersebut digunakan bersama sama, dijaga dan dipelihara agar manfaatnya bisa terus menerus dirasakan Kelompok Tani khususnya," pesan Bang Dhin yang juga Ketua PDI Perjuangan Kalsel.

Baca juga: Asosiasi Petani Milenial Tabalong terima bantuan alsintan

Karena, lanjut politikus muda yang cukup energik serta gaol itu, dengan adanya Alsintan, selain memudahkan dan mempercepat proses panen juga bisa meningkatkan hasil panen.

Harapan yang sama juga disuarakan oleh Anggota DPRD "Bumi Bersujud" Tanbu serta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian kabupaten tersebut agar menjaga dan memelihara Alsintan itu hingga bisa terus menerus penggunaannya.

Anggota DPRD Kalsel HM Syaripuddin dari PDI Perjuangan secara simbolis menyerahkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada Kelompok Tani di Kecamatan Kusan Tengah Kabupaten Tanah Bumbu (sekitar 260 km tenggara Banjarmasin), Jum'at (19/10/2024) (ANTARA/HO Dokumen Pribadi)

Kelompok Tani (Poktan) yang menerima bantuan Alsintan, yakni Poktan Karya Maju Desa Pulau Tanjung diketuai H. Gurbin Noor, Poktan Bersujud Desa Salimuran ketuanya  Muhammad Muhaimin dan Poktan Pajar Pagi Desa Pakatellu dengan ketuanya, Hamsyar.

Mendampingi Bang Dhin dalam penyerahan bantuan Alsintan tersebut Anggota DPRD Tanbu Andi Erwin Prasetya serta pihak Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian kabupaten setempat dan Penyuluh Pertanian.



 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024