Asosiasi petani Milenial Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menerima bantuan alsintan berupa traktor guna mendukung kegiatan  tanaman hortikultura yang tersebar di 12 kecamatan.

Ketua Asosiasi Petani Milenial Kabupaten Tabalong Dwi Cahyono menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan alsintan dari Pemkab Tabalong melalui Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan dan Holtikultura setempat.

Baca juga: 19 kelompok tani di HSS terima hibah alsintan

"Bantuan traktor ini sangat membantu kami para petani Milenial dalam mengembangkan tanaman hortikultura," jelas Dwi di Taablong, Selasa.

Saat ini sebanyak 94 petani muda  termasuk pembina yang  tergabung di asosiasi yang kini giat mengembangkan tanaman hortikultura mulai dari cabai tiung, cabai merah, tomat dan sayuran lainnya.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menyerahkan bantuan alsintan secara simbolis kepada Ketua APM Kabupaten Tabalong Dwi Cahyono di halaman kantor DTP2KPH Tabalong.
Para petani Milenial Kabupaten Tabalong menerima bantuan alsintan, Selasa (2/1). (ANTARA/Herlina Lasmianti)

"Kita harus meyakini Tabalong bisa suplai pangan termasuk tanaman hortikultura ke kabupaten tetangga dan bantuan alsintan ini bentuk dukungan peningkatan produksi," jelas Anang.

Para penerima bantuan  juga diminta bisa mengelola alsintan sebagai titipan bukan untuk milik perorangan agar dimanfaatkan secara optimal.

Meski kabupaten paling Utara Kalsel ini bukan kawasan pertanian menurut Anang jika potensi yang ada diusahakan dengan baik maka bisa menjadi penyuplai pangan hingga ke wilayah IKN 

Karena itu pada APBD perubahan 2023 dialokasikan dana untuk pengadaan alsintan bagi kelompok tani guna memudahkan dalam pengolahan lahan sawah maupun kebun hortikultura.

Baca juga: DKP2TPH Tabalong berikan bantuan alsintan lima kampung hotikuktura

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024