Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan Joni Riadi memastikan mendukung suksesi Pegunungan Meratus menjadi UNESCO Global Geopark 2024.
 
"Kita sudah menandatangani kerja sama dengan Dewan Pengelola Geopark Meratus Nasional untuk menjaga komitmen itu," ujar Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi di Banjarmasin, Rabu.

Baca juga: Bandara Syamsudin Noor promosikan "surga wisata Kalsel" Geopark Meratus
 
Joni dan Ketua Harian Dewan Pengelola Geopark Meratus Hanifah Dwi Nirwana menandatangani kerja sama saat perayaan Dies Natalis Ke-37 Poliban pada 23 September 2024.
 
Joni Riadi menyampaikan Poliban memiliki cita-cita luhur untuk turut membangun Indonesia melalui pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
 
"Sebagai kampus vokasi, kita bergerak pada bidang inovasi dan teknologi, tentunya melakukan pengabdian masyarakat di sekitar wilayah Geopark Meratus," katanya.
 
Joni Riadi menyatakan siap bersinergi dengan Pemprov Kalsel dan Badan Pengelolaan Geopark "Taman Bumi" Nasional untuk melaksanakan berbagai kegiatan mendukung suksesi pengakuan secara internasional tersebut.

Baca juga: Poliban lakukan inovasi digital dan AI serta dukung Geopark Meratus
 
Ketua Harian Dewan Pengelola Geopark Meratus Hanifah Dwi Nirwana mengapresiasi Poliban mendukung terhadap Geopark Meratus yang dinyatakan sebagai Geopark Nasional pada 2018.
 
Dia meyakini keterlibatan Poliban sebagai mitra Geopark Meratus yang kini menuju UNESCO Global Geopark 2024, akan membuka peluang besar untuk membangun situs di sekitar Pegunungan Meratus.

Hanifah merinci Geopark Meratus memiliki 54 situs yang sebagai terdapat tiga pilar penting, yaitu edukasi, konservasi dan pemberdayaan masyarakat.

Hanifah menilai Poliban memiliki kedekatan dengan program Geopark Meratus sehingga diharapkan mendukung dan mengimplementasikan yang dikerjakan BP Geopark Meratus.

Baca juga: Pj Bupati HSS apresiasi Sasirangan terpanjang terima piagam MURI
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024