Pengucapan Sumpah/Janji pimpinan definitif DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) masa jabatan 2024-2029 masih menunggu Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (SK Mendagri) Republik Indonesia tentang Pengangkatan.

Sekretaris DPRD (Sekwan) Kalsel Muhammad Jaini mengemukakan itu ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu seraya menyatakan, pihaknya sudah menyiapkan acara pengucapan Sumpah/Janji pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah provinsi tersebut.

Baca juga: DPRD Balangan tetapkan pimpinan definitif periode 2024-2029

Ia menerangkan, sesudah ada pimpinan definitif DPRD Kalsel, baru pengesahan Tata Tertib (Tatib) lembaga legislatif provinsi setempat, kemudian pembentukan/penyusunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

"Oleh karena itu, kita harapkan SK Mendagri tentang Pengangkatan Pimpinan DPRD Kalsel 2024-2029 bisa segera atau dalam pekan ini sudah kita terima sehingga wakil rakyat kita bekerja maksimal," ujarnya menjawab Antara Kalsel.

Ia menambahkan, usulan pengangkatan pimpinan definitif DPRD Kalsel pengiriman ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sekitar sembilan hari lalu dan dari pengalaman paling lama SK tersebut keluar lebih kurang 15 hari kemudian.

"Informasi yang kita terima, SK tersebut tinggal menunggu tanda tangan Mendagri, tapi karena kesibukan belum beliau tanda tangani. Seperti sekarang Mendagri mengikuti kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Papua," demikian M Jaini.

Sementara rapat paripurna internal DPRD Kalsel 17 September 2024 menyepakati calon pimpinan definitif lembaga mereka, seorang Ketua dan tiga Wakil Ketua yang pengusulannya sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca juga: Janji pimpinan definitif DPRD Banjarmasin 2024-2029 pada 30 September

Pimpinan definitif DPRD Kalsel 2024-2029, Ketua H Supian HK dari Partai Golkar. Sedangkan Wakil Ketua masing-masing H Kartoyo dari Partai Nasional Demokrat (NasDem), H Muhammad Alpiya Rakhman - Partai Gerindra dan Desy Oktavia Sari - Partai Amanat Nasional (PAN), ketiga terakhir merupakan wajah baru.

Kecuali itu, Supian HK wajah lama yang tiga periode menjadi anggota DPRD Kalsel, dan sebagai Ketua Dewan pada 2024-2029 memasuki masa jabatan kedua kali.

Keanggotaan DPRD Kalsel 2024 - 2029 yang berjumlah 55 orang itu dari Partai Golkar 13, NasDem 10, Gerindra tujuh, serta PAN, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) serta Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masing enam orang.

Selain itu, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dan Partai Demokrat masing-masing tiga, serta seorang dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024