Kepolisian Resor Tabalong, Polda Kalimantan Selatan menciduk tiga pelaku pencurian dengan pemberatan, yakni PI (30), IY (29) dan RW (30) di lokasi berbeda.

Kapolres Tabalong AKBP Wahyu Ismoyo mengatakan petugas awalnya menangkap tersangka PI di Kelurahan Pembataan dan kedua pelaku lain di Kelurahan Pembataan Kecamatan Murung Pudak.

Baca juga: Polres Tabalong ciduk pelaku pencurian

"Aksi pencurian ketiga pelaku terbongkar setelah informasi warga terkait aktifitas mobil berisi barang bekas yang masuk kebun karet di Desa Padang Panjang," kata Wahyu di Tabalong, Senin.

Setelah dilakukan serangkaian penyelidikan, polisi meringkus ketiga pelaku meski sebelumnya sempat melarikan diri dan tidak sempat membawa barang bukti hasil curian.

Pelaku PI asal Desa Nawin Kecamatan Haruai, IY merupakan warga Kelurahan Mabuun Kecamatan Murung Pudak dan RW dari Desa Garunggung Kecamatan Tanjung.

Penangkapan yang dipimpin Kasat Reskrim Iptu  Danang Eko Prasetyo itu menyita satu  mobil pick up milik pelaku PI yang berisi barang bekas berupa besi bekas.

Baca juga: Polres Tabalong ciduk tiga pencuri kabel Pertamina

Kemudian, petugas menemukan dua gerobak dorong yang salah satunya berisi besi bekas diduga milik salah satu perusahaan pertambangan batubara tertumpuk berada tidak jauh dari lokasi penemuan.

Para tersangka diancam pidana pencurian dengan pemberatan sesuai Pasal 363 Ayat (1) ke-4e jo. 56 KUHPidana.

Pihak perusahaan memeriksa dan mengalami kerugian materiil sekitar Rp4,5 juta dan saat ini ketiga pelaku sudah meringkus di Polres Tabalong untuk menjalani proses hukum.

Sementara itu, barang bukti yang disita petugas berupa 78 lembar per daun bekas, 35 buah equalizer spacing short, 13 buah equalizer spacing long, tiga  bearing bekas, empat Camshaft bekas, satu Adjust Torgrod bekas, satu Pin Fitwheel, dua gerobak dorong, mobil pick up warna putih, dan skuter metik.

Baca juga: Warga Desa Ribang diciduk bawa kabur motor kawan
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024