Kepala Desa (Kades) Gunung Ulin, Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan H Sunarto mengapresiasi Badan Pencegahan Bencana Daerah (BPBD) setempat mendistribusikan air bersih bagi warga.

"Kami terbantu dengan adanya distribusi air bersih yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Banjar karena hampir dua pekan ini desa kami kekurangan air bersih," ucap Sunarto di Mataraman, Kabupaten Banjar, Jumat.

Baca juga: M. Lutfi Ali perjuangkan Desa Gunung ulin sebagai desa wisata

Sunarto mengatakan suplai air bersih bagi warga Desa Gunung Ulin sebanyak dua kali dengan kapasitas 5.000 liter untuk satu kali suplai.

"Sekali lagi, kami berterima kasih kepada semua pihak yang membantu kelancaran pendistribusian air bersih  yang diberikan oleh pemerintah setempat melalui BPBD," kata Sunarto.

Selain itu, Sunarto meminta kepada pemerintah setempat agar usulan sumur bor bisa direalisasikan.

Hal itu diungkapkan Kepala Desa Gunung Ulin saat tim gabungan BPBD Kabupaten Banjar mendistribusikan air bagi warga pada Kamis pagi.

Sunarto menyebut 210 Kepala Keluarga atau 700 jiwa hanya mengandalkan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) sejak 21 tahun lalu, namun program tersebut kurang maksimal untuk memenuhi keperluan harian warga sejak dua tahun terakhir.

“Kalau yang di dataran bawah dapat, tapi kalau tinggi seperti disini tidak dapat airnya,” tuturnya.

Baca juga: Pascalongsor Jalan Gunung Ulin Dilebarkan

Dia juga meminta pemerintah pusat maupun daerah, agar bisa merealisasikan usulan pembangunan sumur bor di Desa Gunung Ulin agar warga tidak mengalami kesulitan air bersih.

"Solusi agar tidak kekurangan air bersih adalah sumur bor, paling tidak tiga titik sumur bor dengan fasilitas lengkap,” ucapnya.

Sunarto mengungkapkan sebenarnya ada satu sumur bor yang baru selesai dibangun oleh perusahaan tambang di Desa Gunung Ulin, namun sejauh ini sumur bor tersebut belum diserahkan kepada masyarakat.

Sementara itu, anggota BPBD Kabupaten Banjar Yadi menyebutkan pihaknya telah menyuplai air bersih ke Desa Gunung Ulin sebanyak 10.000 liter.

"Kami telah suplai air bersih dengan total 10.000 liter. Sebelumnya tiga hari lalu juga disuplai ke wilayah ini,” ungkap Yadi.

Baca juga: Bahu Jalan Menuju Gunung Ulin Kotabaru Longsor

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024