Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel) membangun mal pelayanan publik (MPP) mini di Kecamatan Candi Laras Utara dan Binuang sebagai upaya memperluas akses layanan kepada masyarakat pada 13 desa.

“Pembangunan MPP mini ini sebagai transformasi layanan ke arah yang lebih baik, di wilayah ini ada sekitar 13 desa berpenduduk sekitar belasan ribu warga yang selama ini sulit mengakses layanan ke pusat pemerintahan,” kata Penjabat (Pj) Bupati Tapin M Syarifuddin di Rantau, Tapin, Kamis.

Baca juga: Rutan Rantau tingkatkan kesiagaan kebakaran untuk keselamatan warga binaan

Dia memastikan proses pembangunan telah dimulai dan akan rampung pada akhir tahun ini sehingga dapat segera beroperasi pada awal 2025.

"MPP mini bertujuan untuk mempermudah akses layanan bagi masyarakat Kabupaten Tapin yang bermukim jauh dari pusat kota,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Tapin sementara, Achmad Riduan Syah, mendukung penuh program ini karena cukup penting memenuhi akses bagi warga yang tinggal jauh dari pusat pelayanan.

Menurut dia, dengan adanya MPP mini, masyarakat tidak perlu lagi melakukan perjalanan jauh untuk mendapatkan layanan yang mereka butuhkan.

Baca juga: Pemkab Tapin pastikan persiapan rampung jelang Kejurnas Rally Seri 3

Camat Candi Laras Utara Mukhadi menyebutkan lokasi pembangunan MPP mini di wilayahnya menelan dana sekitar Rp3,5 miliar. Selain itu, letaknya juga cukup strategis karena berada tepat di depan kantor kecamatan, dengan luas lahan yang digunakan untuk pembangunan sekitar 30x40 meter.

Mukhadi menjelaskan MPP mini ini akan memberikan beragam layanan, mulai dari pembuatan KTP, pajak daerah, layanan dari Dinas Sosial, perbankan, dan masih banyak layanan publik lainnya.

Selain itu, lanjutnya, akan ada fasilitas tambahan seperti perpustakaan, ruang konsultasi, musala, dan ruang bermain untuk anak juga disediakan sebagai komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Dengan adanya pembangunan MPP mini ini, harapannya tercipta layanan publik yang lebih efisien dan dekat dengan masyarakat, yang pada gilirannya akan mendukung kemajuan daerah secara keseluruhan,” ujar Mukhadi.

Baca juga: Pj Bupati Tapin: Peringatan Maulid Nabi jadi refleksi perbaiki akhlak

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang/M Rastaferian Pasya

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024