Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel) memastikan seluruh sarana dan prasarana yang harus disiapkan untuk penyelenggaraan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally Seri 3 pada 19-20 Oktober, dapat segera dirampungkan menjelang kejuaraan.

“Pemerintah daerah bersama DPRD dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) telah melakukan berbagai persiapan teknis dan nonteknis, saat ini kesiapan sudah mencapai 70 persen,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Tapin Sufiansyah saat rapat koordinasi Kejurnas Rally Seri 3 di Rantau, Tapin, Rabu.

Baca juga: Pimpinan daerah dorong "South Borneo Rally" digelar setiap tahun

Dia menyebutkan beberapa sarana dan prasarana yang sudah disiapkan, yakni mulai dari lokasi lintasan sebagai arena balap, akomodasi, lalu ada penambahan area balap di dua kecamatan.

“Tinggal penyempurnaan area saja dan beberapa teknis lainnya. Tahun ini Kabupaten Tapin menjadi tuan rumah tunggal, tidak seperti tahun sebelumnya berkolaborasi dengan kabupaten lain,” ucapnya.

Sufiansyah mengungkapkan, pada perhelatan tahun ini, Pemkab Tapin akan mengenalkan berbagai budaya dan kesenian lokal, salah satunya merencanakan seluruh panitia pelaksana dan peserta menggunakan topi purun (topi lokal yang terbuat dari bahan alam).

Dia berharap kompetisi bertaraf nasional ini tidak hanya sekadar mengusung kabupaten sebagai tuan rumah pelaksanaan saja, tetapi ada nilai lebih yang ditonjolkan dengan cara mengenalkan potensi daerah seperti kerajinan tangan topi purun sebagai produk UMKM daerah.

Baca juga: Jadwal dan rute Kejurnas Rally Sprint II di Tapin Kalsel

Selain itu, kata Sufiansyah, kejurnas ini juga akan mengangkat potensi pariwisata yang terbentang luas, khususnya di kawasan Geopark Meratus yang memiliki nilai geologi dan saat ini sedang diusulkan untuk menjadi UNESCO Global Geoparks (UGGp).

Menurut dia, Kejurnas Rally ini merupakan kesempatan emas untuk mengangkat budaya, kesenian, dan pariwisata yang ada di Tapin sehingga semakin dikenal di kancah nasional hingga internasional.

Ia memastikan pelaksanaan kejuaraan ini akan berlangsung maksimal dengan dukungan seluruh pihak, termasuk masyarakat setempat.

“Kabupaten Tapin optimistis dapat menyambut para peserta dan penonton, serta berharap penyelenggaraan ini mampu meningkatkan citra daerah di tingkat nasional,” ujar Sufiansyah.

Baca juga: Ketua FPTI Tapin bangga atletnya torehkan sejarah untuk Kalsel di Kejurnas Aceh

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang/M Rastaferian Pasya

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024