Tuan Guru Haji Zainuddin Rais mengungkap rahasia cinta kepada Allah SWT, dalam tausiyahnya di Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya, Sabtu pagi.

"Orang yang tidak cinta kepada Allah, tidak akan merasakan cintanya Allah," ujar Tuan Guru Zainuddin dalam kajian "Kitab Ihyaulumuddin" karya Imam Ghazali.

Tuan Guru Zainuddin menambahkan, bahwa seseorang tidak akan bisa meraih kesenangan tanpa adanya cinta.

"Seumpama orang 'dua laki bini' (suami istri) , tanpa tak akan menikmati kesenangan atau kebahagiaan hidup," lanjut Tuan Guru Zainuddin.

Menurut dia, bahwa cinta kepada Allah akan mengurangi kecintaan pada dunia dan menimbulkan rasa takut kepada Nya.

"Sebaliknya cinta pada dunia dapat mengurangi ketakutan dan cinta terhadap Allah SWT," tambah Tuan Guru yang mengisi pengajian rutin (jika tidak berhalangan) di Masjid Assa'adah itu tiap sesudah Shalat Subuh Sabtu hingga pagi hari.

Tuan Guru H Zainuddin Rais saat tausiyah di Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin, Sabtu (14/9/2024) pagi. (ANTARA/Syamsuddin Hasan)

Berbagai ilustrasi perumpamaan mengenai cinta serta takut kepada Allah, Tuan Guru tersebut paparkan guna memotivasi kaum Muslim, terutama jamaah Masjid Assa'adah.

Kajian Kitab Ihyaulumuddin karya Imam Ghazali tersebut masih pada jilid IV bab yang berhubungan dengan cinta dan takut kepada Allah SWT.



 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024