Wakil Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan H Arifin Noor menyampaikan, pemerintah kota memberikan bantuan sembako hingga uang tunai bagi korban setiap terjadi musibah kebakaran.
 
Menurut dia di Banjarmasin, Rabu, pemerintah kota sangat bersimpati dan melakukan gerakan cepat untuk membantu meringankan beban korban kebakaran untuk memenuhi kebutuhan sandang dan pangan.
 
Sebagaimana bantuan yang disalurkan pada korban kebakaran di Jalan Maluku, Gang Baru, Kelurahan Pasar Lama, Banjarmasin Tengah pada 7 September 2024.
 
Arifin yang langsung menemui korban setempat pada hari ini dan menyerahkan paket sembako serta uang tunai sebesar Rp3 juta setiap kepala keluarga terdampak kebakaran.
 
Selain bantuan ini, Pemkot terlebih dahulu juga telah memberikan berbagai bantuan tanggap darurat setelah kejadian.
 
"Ini adalah bentuk kepedulian pemerintah terhadap warga yang sedang mengalami kesulitan akibat musibah," ujarnya.
 
Dia pun menyampaikan, musibah kebakaran di lingkungan pemukiman di kota ini sering terjadi, karena sebagian rumah berkonstruksi kayu dan sudah tua.
 
Karenanya, dia menekankan pentingnya upaya pencegahan kebakaran di masa mendatang.
 
Menurut Arifin, kebakaran sering kali disebabkan oleh korsleting listrik atau kelalaian saat memasak di dapur. 
 
Dia mengajak masyarakat dan pihak terkait, termasuk petugas pemadam kebakaran dan TAGANA untuk lebih sigap dalam melakukan pencegahan kebakaran sejak dini.
 
Dia berharap para korban kebakaran dapat tetap bersabar dan segera pulih dari dampak musibah tersebut.
 
Arifin memastikan berkomitmen Pemkot untuk terus memantau kondisi para korban dan memperkuat upaya mitigasi kebakaran di wilayah-wilayah rawan dengan harapan kejadian serupa bisa dicegah di masa mendatang.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024