Fraksi-fraksi di DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) masa jabatan 2024 - 2029 sudah tersusun dan sebagian besar ketuanya wajah baru atau dari tujuh hanya tiga fraksi wajah lama, satu diantaranya masih bertahan.

Pantauan Antara Kalsel di Banjarmasin, Rabu melaporkan, pengumuman pimpinan/susunan fraksi tersebut pada rapat paripurna DPRD setempat yang dipimpin Ketua sementara H Supian HK didampingi Wakil Ketua sementara H Kartoyo dan hadir Gubernur H Sahbirin Noor.

Ketua Fraksi di DPRD Kalsel yang wajah lama dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H Suripno Sumas serta Fraksi Demokrat Persatuan Perjuangan (DPP) H Muhammad Syaripuddin, dan yang masih tetap Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Habib  Muhammad Zen Bahasyim.

Pada DPRD Kalsel masa jabatan 2019 - 2024 ada delapan fraksi (termasuk satu fraksi gabungan), namun 2024 - 2029 hanya tujuh fraksi (termasuk satu fraksi gabungan)

Ketujuh fraksi di DPRD Kalsel 2024 - 2029 dari Partai Golkar 13 anggota dengan Ketua Fraksinya H Achmad Maulana dan Wakil Ketua Muhammad Yani Helmi, NasDem 10 anggota Ketua Fraksinya Mustaqimah dan Wakil Ketuanya   H Jahrian.

Fraksi Gerindra tujuh anggota dengan Ketua Fraksinya H Muhammad Alpiya Rakhman dan Wakil Ketuanya H Husnul Fatahilla. Fraksi PAN enam dengan Ketuanya Habib Muhammad Zen Bahasyim dan Wakil Ketua Adrizal.

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) enam orang dengan Ketuanya H Mushaffa Zakir, Sekretarisnya Firman Yusi (tetap), Fraksi PKB enam dengan Ketuanya H Suripno Sumas dan Wakil Ketua Dirham Zain.

Sedangkan fraksi gabungan (DPP) tujuh orang dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan serta Demokrat masing-masing tiga, dan seorang dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan Ketuanya HM Syaripuddin - Sekretarisnya Bambang Yanto Permono.

Ketika keanggotaan DPRD Kalsel 2019 - 2024 fraksi gabungan juga tujuh orang dari PPP serta Demokrat masing-masing tiga, dan seorang dari Partai Hanura.

"Alat Kelengkapan Dewan (AKD) lain DPRD Kalsel diharapkan sudah terbentuk/tersusun," demikian Supian HK yang terpilih kembali untuk ketiga kali menjadi anggota Dewan provinsi tersebut.

AKD DPRD Kalsel selain empat Komisi yaitu Komisi I Bidang Pemerintahan dan Hukum, II Bidang Ekonomi dan Keuangan, III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur, serta Komisi IV Bidang Kesra, juga Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Banggar), Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP Perda) dan Badan Kehormatan (BK).

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024