Sebanyak lima tenaga kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara (Pemkab HSU), Kalimantan Selatan (Kalsel) meraih prestasi teladan pada fasilitas layanan kesehatan tingkat provinsi tahun anggaran 2024.

“Empat tenaga kesehatan meraih juara satu, satu lainnya meraih juara tiga kategori puskesmas yang diserahkan secara simbolis pada acara penganugerahan penghargaan pelayanan kesehatan di Banjarmasin beberapa waktu lalu,” kata Tenaga Kesehatan Nutrisionis Puskesmas Sungai Malang Andrian Fascal di Amuntai, Hulu Sungai Utara, Selasa.

Baca juga: Pemkab HSU dan BPVP Samarinda beri pelatihan bagi pencari kerja

Andrian yang meraih penghargaan juara satu bidang inovasi itu, mengaku sangat senang karena dapat memberikan prestasi membanggakan bagi Kabupaten HSU.

Selain Andrian, empat tenaga kesehatan lain yang mendapatkan penghargaan, yakni dokter Tiopan dari Puskesmas Babirik, M Lutfirahman Promkes dari Puskesmas Sapala, Netty Agustina dari Puskesmas Sungai Turak, Bidan Mahmudah dari Puskesmas Babirik.

“Tentu ini suatu kebanggaan membawa nama baik kabupaten karena berhasil meraih juara satu terbangak se-provinsi pada kategori puskesmas,” ucapnya.

Baca juga: Wakil rakyat HSU konsultasi dengan DPRD Kalsel

Andrian berhasil menciptakan inovasi SIKAPOS dan menorehkan prestasi karena memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat. Inovasi ini mampu mendeteksi secara dini bayi yang kurang gizi dan juga mampu membantu mencatat dan melaporkan hasilnya bagi kader posyandu maupun ahli gizi.

Dengan inovasi ini, kata dia, semua hasil kegiatan posyandu yang dilaporkan dapat tersimpan secara digital dan lebih mudah diakses untuk pencarian data bayi.

Andrian berharap inovasi yang menorehkan prestasi ini menjadi pemacu semangat para tenaga kesehatan lainnya dalam menciptakan inovasi kesehatan guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Menurut dia, capaian ini juga tidak terlepas dari peran tim pendamping dari Dinas Kesehatan Kabupaten HSU, Puskesmas, serta organisasi kesehatan lainnya yang terus memberikan dukungan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Inovasi yang kita ciptakan ini untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan bidang kesehatan bagi masyarakat,” ujar Andrian.

Baca juga: TP PKK HSU Bersama Dinas Perikanan Ikuti Lomba Memasak Serba Ikan

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024