Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bersama Dinas Perikanan HSU mengikuti Lomba Memasak Serba Ikan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) 2024.

Pj Ketua TP PKK HSU Gusti Elvira Riana Dewi Sari, menyampaikan, dengan menu yang dihidangkan PKK HSU bisa memberikan hasil yang terbaik pada lomba masak serba ikan kali.

"Menu yang diciptakan tersebut menggambarkan wilayah HSU yang didominasi oleh lahan rawa, yang memiliki kekayaan alam melimpah dan dapat diolah secara aman untuk dikonsumsi masyarakat sehingga nantinya bisa dikenalkan produk makanan olahan dari HSU ke luar daerah," katanya, Rabu (21/8/2024).

Semangat jajaran TP PKK HSU yang mengikuti lomba masak serba ikan kali ini sangat antusias.

Bahan yang diolah tentunya unik tidak hanya daging ikan, tapi sampai ketulang ikan yang diolah menjadi serbuk, untuk bahan membuat masakan, semua pasti tahu bahwa tulang ikan yang tentunya ini aman dikonsumsi dan memiliki nilai gizi yang tinggi.

Sementara itu, kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Perikanan Provinsi Kalsel, bertempat di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Kalsel.

Tampak hadir Penjabat (Pj) Ketua TP PKK HSU Gusti Elvira Riana Dewi Sari, sekaligus memberikan semangat kepada pengurus TP PKK HSU yang mengikuti Lomba Masak Serba Ikan ke-21 dalam rangka Gerakan Masyarakat (Germas) Gemar Ikan.

Adapun menu yang disajikan oleh TP PKK HSU di antaranya kategori menu keluarga Gulung Tulang Ikan Talipuk (Gula Kapuk), menu balita Pur Palot Berseri, dan menu kudapan Kue Lapis Merah Putih Amuntai (Lara Hati), dan semua menu-menu tersebut diolah dengan bahan dasar talipuk (bunga teratai), ikan lele dan ikan patin.

Pada kegiatan tersebut juga tampak Ketua TP PKK Kalsel Raudatul Jannah Sahbirin Noor, turut mencicipi masakan kreasi dari PKK HSU, yang berbahan dasar alami, tanpa pewarna dan pengawet.

Dalam pengumuman hasil penialain dewan juri yang dibacakan oleh Chef Agus Sasirangan Kabupaten HSU, mendapatkan Juara Harapan II kategori menu balita dengan menu Pur Palot Berseri, yang diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Kalsel Raudatul Jannah Sahbirin Noor.
 

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024