Bupati Balangan, Kalimantan Selatan, Abdul Hadi saat pertemuan silaturahmi dengan Kerukunan Warga Balangan (KWB) Banjarmasin dan sekitarnya, sepakat untuk mendirikan rumah singgah di Kota Banjarmasin.

Rumah Singgah diperlukan bagi kepentingan warga Balangan saat berada di Banjarmasin, kata Abdul Hadi saat pertemuan yang dipimpin ketua KWB Fahrurazie di hotel area Barito Banjarmasin, Senin malam.

Baca juga: Pemkot Banjarmasin benahi rumah singgah bagi puluhan ODGJ

Mengenai rumah singgah tersebut saat dialog ketika anggota KWB Fahrudin melontarkan persoalan tersebut mengingat banyaknya warga Banjarmasin yang berobat karena sakit di Banjarmasin, dan saat ini keluarga yang sakit sering ditampung di sebuah rumah milik warga Balangan, yang dianggap sebagai rumah singgah.

Tetapi rumah tersebut kurang refresentatif, maka diperlukan sebuah rumah singgah yang dimiliki Pemkab Balangan sendiri, dan tentu lebih refresentatif dari sekarang.

Menurut Bupati, pihak Pemkab tersedia dana sekitar Rp3 miliar, jika ada sebuah rumah agak luas yang bisa direhab menjadi 10 kamar dan dekat rumah sakit di Banjarmasin, maka bisa dibeli dengan dana tersebut.

Sementara untuk pengelolaan dan sebagainya diserahkan kepada pengurus KWB yang ada di Banjarmasin ini.

Selain rumah singgah dalam dialog tersebut, juga dibahas soal alkah yang dikelola KWB, mobil ambulan, termasuk program kerja KWB yang akan ikut berkiprah membangun Balangan yang kesemuanya memperoleh respon baik oleh bupati yang datang bersama beberapa pejabat Pemkab Balangan, Kajari Balangan serta Wakapolres Balangan.

Dialog bupati dengan pengurus dan anggota KWB dilakukan seusai acara silaturahmi diruang lain di hotel Banjarmasin yang dihadiri sekitar lima ratus orang itu, selain anggota KWB juga dihadiri ratusan mahasiswa Balangan yang kuliah di Banjarmasin.

Baca juga: Banjarmasin miliki tempat pembinaan warga terlantar

Dalam kegiatan itu pula sekaligus dilakukan penantatangan kerjasama antara Pemkab Balangan dengan sejumlah  perguruan tinggi di Banjarmasin, berkaitan dengan bea siswa yang diberikan Pemkab Balangan ke para anak yang ber KTP Balangan yang ingin melanjutkan keperguruan tinggi.

Saat silaturahmi tersebut, Bupati mengakui ada program seribu anak balangan yang diberikan beasiswa untuk keperguruan tinggi, tak sebatas kuliah di daerah ini tertapi bea siswa juga diberikan untuk S2 dan S3 yang ingin kuliah ke luar negeri.

Panjang lebar bupati yang datang bersama isteri itu menceritakan perjuangan Balangan yang kini lebih maju, termasuk peningkatan APBD yang sahun ini bisa mencapai Rp4,7 triliun.

Baca juga: Dinas Sosial Tanah Bumbu miliki rumah singgah As-Syifa

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024