Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) memberikan fasilitas layanan internet gratis di ruang terbuka hijau (RTH) Taman Dwi Warna guna membantu dan mempermudah masyarakat beraktivitas di tempat umum.

“Kami pasang WiFi gratis untuk mempermudah masyarakat dalam berkegiatan di tengah perkembangan teknologi. Ini juga sebagai komitmen pemerintah dalam memajukan teknologi informasi di daerah,” kata Bupati HST Aulia Oktafiandi di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Senin.

Baca juga: "Makan gratis" jadi kata paling sering disebut Prabowo di debat kelima

Dia menyebutkan lokasi pemasangan internet gratis ini terus dilakukan pembenahan seperti renovasi dan penambahan beberapa fasilitas umum karena di tempat ini dirancang sebagai ruang terbuka publik.

“Ruang terbuka publik ini sebagai pusat aktivitas orang banyak. Setiap harinya banyak masyarakat berkumpul, sehingga terus kami benahi dan lengkapi banyak fasilitas, salah satunya dengan memasang layanan internet gratis,” ucapnya.

Selain itu, kata Aulia, ruang terbuka publik yang memiliki lapangan cukup luas ini, di bagian tengahnya juga akan dibangun fasilitas air mancur. Namun, lapangannya terlebih dahulu dibenahi agar permukaannya rata sehingga nantinya tidak ada genangan air saat musim hujan.

Dia berharap berbagai fasilitas yang dibangun di lapangan terbuka ini dapat dimanfaatkan masyarakat dengan sebaik-baiknya untuk menunjang aktivitas dalam berbagai bidang, termasuk layanan internet gratis untuk mendukung pekerjaan bidang teknologi dan informasi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) HST Darkuni mengatakan layanan internet gratis ini sudah bisa digunakan masyarakat di sekitar Taman Dwi Warna, namun akan dimatikan khusus saat jam shalat maghrib sesuai permintaan masyarakat.

“Kami memasang sebanyak empat titik di sekitar Taman Dwi Warna. Ini baru tahap awal nanti kita akan tambah lagi titik poinnya maupun speednya, mudahan ini tidak menjadi kendala ketika diakses orang banyak,” ujar Darkuni.

Baca juga: Jaringan internet gratis di Banjarmasin jangkau semua fasilitas publik

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024