Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik) Kota Banjarmasin Windiasti Kartika mengatakan jaringan internet gratis di kota itu telah menjangkau semua fasilitas publik.

"Penyediaan WiFi gratis ini menjadi komitmen  pimpinan Walikota dan Wakil Walikota dalam mewujudkan Banjarmasin smart city," kata dia di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu.

Dia menyebut jaringan internet gratis disebar pada 22 titik fasilitas publik utama di seluruh penjuru kota, sehingga masyarakat selalu terkoneksi dengan internet.

Sebagai ikonnya, ungkap Windi, tersedia Plaza Smart City pada bangunan lantai 3 Menara Pandang di Jalan Kapten Piere Tendean, tepat di pusat kota Banjarmasin yang dibelah sungai Martapura.

"Silahkan gunakan fasilitas Plaza Smart City untuk santai bisa sambil bekerja dengan pemandangan kota dan sungai Martapura," tuturnya.

Diketahui Banjarmasin menerima penghargaan smart city dalam kategori Dimensi Smart Environment dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI pada tahun 2021.

Di bawah kepemimpinan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, program kota pintar sudah dirintis  sejak 2017 dan kini terus dikembangkan  dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi agar pelayanan publik ke masyarakat dapat ditingkatkan.

"Sekarang pemerintah kota telah memiliki aplikasi Banjarmasin Pintar, sehingga masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan apapun cukup lewat satu aplikasi, semuanya telah terintegrasi," ucap Windi.

Pewarta: Firman

Editor : Nurul Aulia Badar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022