Kalimantan Selatan (Kalsel) mengirim sebanyak 36 mahasiswa untuk mengikuti Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XVII tahun 2024 yang berlangsung di Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

"Ke-36 mahasiswa ini berasal dari berbagai perguruan tinggi di Kalsel mengikuti 14 cabang lomba Peksiminas," kata Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Muhamad Rusmin Nuryadin di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: Gelar Peksimida 2024 di Poliban sukses memilih delegasi ke nasional

Kontingen Kalsel paling banyak berasal dari ULM dengan 27 mahasiswa yang akan berkompetisi pada sembilan cabang lomba seperti vokal group, tari, menyanyi (seriosa, pop, dangdut, keroncong), penulisan puisi, komik strip, penulisan cerpen, penulisan lakon, desain media kampanye sosial, lukis, baca puisi, monolog, fotografi artistik, dan fotografi jurnalistik.

Selain ULM, terdapat empat mahasiswa dari Universitas Sari Mulia, dua mahasiswa dari Universitas Islam Kalimantan, dua mahasiswa dari Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala), dan satu mahasiswa dari Politeknik Negeri Banjarmasin.

Peksiminas tahun ini melombakan 15 cabang lomba yang dilaksanakan di dua kampus UNJ, di mana sebagian besar dilaksanakan di kampus A dan beberapa di antaranya seperti tari dan melukis di kampus B.

Total ada 874 peserta dari 31 provinsi mengirimkan peserta yang berasal dari perguruan tinggi se-Indonesia.

Rusmin menyampaikan harapan agar kontingen Kalsel dapat memberikan penampilan terbaik mereka.

Baca juga: Poliban siap melaksanakan pekan seni mahasiswa daerah 2024

"Kontingen Kalsel mengenakan kostum kain sasirangan berwarna merah sebagai simbol keberanian dan kesiapan berkompetisi pada Peksiminas 2024," ucapnya.

Peksiminas yang dilaksanakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi merupakan kegiatan yang berkesinambungan guna memberikan wadah bagi mahasiswa meningkatkan kualitas dan kemampuan praktis bidang seni, baik seni suara, seni pertunjukan, seni sastra, maupun seni rupa.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024