Festival Budaya Banua Sanggam (FBBS) ditargetkan bisa menjadi wadah bagi para generasi muda untuk mengembangkan diri dan menyalurkan ide-ide kreatif yang dapat dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.

“Festival seperti ini harus bisa menjadi wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan diri, menyalurkan ide-ide kreatif, sekaligus menyuguhkannya dalam penampilan yang dapat disaksikan secara terbuka oleh masyarakat kita,” kata Asisten II Setdakab Balangan Tuhalus di Balangan, Rabu.

Baca juga: Legislator Balangan apresiasi pelaksanaan Festival Budaya Meratus 2024

Tuhalus menegaskan, kegiatan Festival Budaya Banua Sanggam ini nantinya bisa menjadi momentum untuk meningkatkan kecintaan dan kebanggaan terhadap budaya daerah, khususnya di Kabupaten Balangan.

Selain itu ujar Tuhalus, festival ini sangat penting untuk mempertahankan identitas daerah di tengah era globalisasi yang mencoba menghapusnya.

“Kita beruntung bahwa kita punya identitas kita sendiri dan kita punya hak untuk mempertahankannya, serta kita punya budaya yang sangat pantas untuk dipertahankan bahkan ditunjukkan kepada seluruh dunia,” ujarnya.

Sementara itu penanggungjawab kegiatan Sauji Mukmin, mengungkapkan acara ini adalah kesempatan untuk bersama-sama mendukung dan mempromosikan kekayaan seni dan budaya lokal Kabupaten Balangan.

Menurut Sauji, 80 persen kegiatan ini mengandung unsur budaya lokal dan untuk pemilihan tempat di Lapangan Marthasura juga untuk memastikan keterlibatan UMKM lokal dalam memperkenalkan produk masing-masing.

Baca juga: Budaya gotong royong acara perkawinan di Balangan masih lestari

Sauji menyebutkan ratusan peserta dari berbagai kecamatan se-Kabupaten Balangan mengikuti pawai budaya yang menjadi bagian dari pembukaan festival, pawai ini menampilkan berbagai macam kesenian dan kebudayaan tradisional daerah hingga permainan tradisional. 

Diketahui FBBS 2024 digelar dari tanggal 4-7 September 2024 di Lapangan Marthasura, Kecamatan Paringin. 

Adapun kegiatan ini digagas oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Balangan untuk melestarikan, mengembangkan dan mempromosikan budaya lokal yang ada di Kabupaten Balangan.

Baca juga: Bupati: festival budaya wadah yang bagus bagi masyarakat untuk berkreasi
 
Pemkab Balangan saat membuka kegiatan Festival Budaya Banua Sanggam di Lapangan Marthasura Paringin, Rabu (4/9/2024). ANTARA/ragil darmawan

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024