Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) Aulia Oktafiandi meminta orang tua memprioritaskan hak anak sebagai generasi penerus bangsa pada masa mendatang.

“Orang tua harus bertindak apakah hak-hak anak sudah diberikan, dan apakah sudah maksimal apa yang diberikan untuk anak-anak,” kata Aulia di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Sabtu.

Baca juga: Bupati HST beri dana hibah Rp70 juta ke Masjid Al Mujahid Lok Besar

Menurut dia, sebagai generasi penerus bangsa, sudah sepatutnya anak mendapatkan kehidupan yang layak dari orang tua.

“Jangan sampai ada yang berpikir anak merupakan investasi, namun jadikan hak-hak anak menjadi sebuah prioritas dan tanggung jawab kita tanpa perlu diminta dan memberikannya tanpa pamrih kepada mereka,” ucap Aulia.

Aulia menjelaskan dengan terpenuhinya hak-hak anak, ini menjadi peluang menyambut Indonesia Emas 2045, karena generasi saat ini yang masih duduk di bangku sekolah akan mengambil peran lebih pada 2045.

Baca juga: Bupati HST dukung pembinaan atlet sepak bola lewat Kemboja Cup

Aulia mengungkapkan anak merupakan seorang peniru ulung dan orang tua adalah orang yang akan menentukan bagaimana anak kedepannya.

Oleh karena itu, Bupati HST mengajak para orang tua mampu memberikan dan menunaikan hak anak untuk membentuk Kabupaten HST menjadi daerah yang ramah anak, anak bisa tumbuh sempurna, mendapat pendidikan yang baik dan memperoleh kasih sayang.

“Kita harus upayakan anak-anak memiliki ruang seluas-luasnya untuk berkreasi dan menyadarkan kita sebagai orang tua akan pentingnya tumbuh kembang anak,” tutur Aulia.

Baca juga: Pemkab HST dinobatkan jadi daerah pembangunan lingkungan berkelanjutan

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024