Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) memastikan kabupaten ini mewakili Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti lomba masal serba ikan tingkat nasional 2024 setelah menjuarai dua kategori pada lomba memasak tingkat provinsi yang diikuti 13 kabupaten/kota.

Kabupaten HST meraih juara pada dua kategori sekaligus dari tiga kategori yang dilombakan, yakni juara pertama kategori menu balita dan juara dua menu kudapan.

“Kabupaten HST berhasil memperolah juara pada dua kategori, ini capaian luar biasa. Selanjutnya kita akan mewakili Provinsi Kalimantan Selatan pada lomba masak serba ikan tingkat nasional,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) HST Muhammad Afni Hidayat di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Senin.

Dia mengapresiasi dan sangat bangga kepada para pihak yang bekerja keras hingga meraih hasil terbaik di ajang lomba masak serba ikan tingkat provinsi pada tahun ini.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kerja keras, partisipasi dan kolaborasi semua pihak, terutama dari TP PKK Kabupaten HST di bawah arahan Ibu Cheri Bayuni Budjang. Saya harap capaian ini terus ditingkatkan dan jaga kekompakan, semoga tingkat nasional nanti kita bisa membawa nama Provinsi Kalsel harum dengan memperoleh hasil yang terbaik,” ucapnya.

Menurut Afni, prestasi ini merupakan hasil dari kolaborasi dan kerja sama yang baik antar DKPP HST dengan TP PKK HST dalam meracik dan memadukan masakan khas hingga mampu memperoleh nilai yang tinggi.

Dia menyebutkan lomba masak serba ikan tingkat provinsi yang ke-21 ini diikuti 13 kabupaten/kota dengan tiga kategori lomba, yakni menu balita, menu kudapan, dan menu keluarga.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalimantan Selatan Rusdi Hartono mengatakan lomba ini tidak hanya sekedar ajang kompetisi, tetapi juga menjadi sarana edukasi untuk meningkatkan konsumsi ikan di kalangan masyarakat.

Menurut dia, makan ikan secara teratur sangat penting untuk kesehatan, terutama bagi anak-anak balita. Sehingga diharapkan melalui lomba ini, masyarakat semakin terbiasa untuk mengkonsumsi ikan yang beragam.

Berdasarkan hasil lomba keseluruhan, pada kategori menu balita juara pertama dari Hulu Sungai Tengah, juara kedua dari Tabalong dan juara ketiga dari Barito Kuala. Kemudian untuk kategori menu keluarga juara pertama dari Hulu Sungai Selatan, juara kedua dari Tabalong dan juara ketiga dari Banjarbaru, dan kategori menu kudapan juara pertama dari Kabupaten Tapin, juara kedua Hulu Sungai Tengah, dan juara ketiga Tanah Laut.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024