Sekretaris Komisi I Bidang Pemerintahan dan Hukum DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Suripno Sumas menyatakan, memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia bagian dari wawasan kebangsaan atau Wasbang.

Suripno menyatakan itu di sela-sela sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila atau dulu dengan sebutan Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: Mantan Gubernur Kalsel Rudy Ariffin berusia 71 tahun saat HUT ke-79 RI

Pasalnya, menurut wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel I/Kota Banjarmasin itu, dengan melalui peringatan tersebut minimal mengenang perjuangan para pendahulu dalam merebut dan menegakkan kemerdekaan.

"Kemudian daripada meningkatkan rasa cinta pada tanah air dan mengisinya dengan pembangunan atau kegiatan-kegiatan positif," lanjut Suripno yang terpilih kembali untuk ketiga kali menjadi anggota DPRD Kalsel.

Oleh sebab itu, wakil rakyat dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut mengajak semua elemen bangsa memaknai HUT kemerdekaan dengan hal-hal positif guna kemaslahatan bersama.

Ia mengaku bangga pada peringatan kemerdekaan sikap atau sifat kegotongroyongan warga masyarakat menyeruak untuk bersama-sama memeriahkan serta menyemarakkannya.

"Hal tersebut juga bisa sebagai upaya menanamkan dan menumbuhkembangkan rasa nasionalisme kepada generasi muda atau generasi mendatang," lanjutnya.

Begitu pula pada peringatan hari kemerdekaan, baik secara langsung maupun tidak langsung ada sikap berbagi atau menimbulkan sikap sosial sebagai bagian dari pelaksanaan dan pengamalan nilai-nilai Pancasila, demikian Suripno Sumas.

Baca juga: Desa Merah Awayan gelar berbagai lomba meriahkan HUT RI

Pada pelaksanaan sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila kali ini, Suripno bersama istri juga turut berbagi dengan warga, terutama mereka yang hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024